Mengapa Noordin M Top sulit ditangkap ?

Nurdin m topPada saat jabatan Kapolri masih dijabat oleh Jenderal Sutanto (menjabat 8-7-2005 s/d 30-9-2008), beliau mengatakan bahwa kepolisian RI, tidak pernah mengendorkan langkahnya untuk memburu buronan teroris paling dicari di Indonesia saat ini, yaitu Nurdin M.Top. Pernyataan tsb disampaikan Jenderal Sutanto di dalam raker dengan komisi III DPR RI di gedung DPR / MPR, Jakarta.

Saat masih menjabat Kapolri, Sutanto mengatakan: “Polri terus memburu Nurdin M.Top. Sudah 3 tahun anggota kita di lapangan. Operasi pemburuan dan penangkapan Nurdin M.Top melibatkan seluruh jajaran dan seluruh Polda di Indonesia. Operasi dilakukan secara terbuka dan tertutup.”

Kalau kita percaya kepada kinerja Kapolri yang sekarang di jabat oleh Bambang Hendarso Danuri, maka tentunya dapatlah dikatakan bahwa langkah polri dalam memburu teroris Nurdin M.Top sekarang ini seharusnya sudah jauh lebih digalakan lagi. Persoalannya adalah mengapa saat ini teroris tsb belum bisa ditangkap ?


MENGAPA SUKAR DITANGKAP ?
— Pihak kepolisian RI sudah lama mensinyalir modus operandi jaringan teroris dilakukan antara lain dengan menyewa sebuah rumah untuk persembunyian dan penyimpanan senjata api. Sewa rumah dilakukan dengan berpindah-pindah.

Sulitnya pihak polri menangkap Nurdin M.Top ini tentunya tidak semata-mata karena pelarian yang dilakukan secara berpindah-pindah saja. Ada hal-hal lain yang menjadi peyebab mengapa Nurdin M.Top ini sulit ditangkap. Hal-hal lain tsb antara lain adalah sebagai berikut:

1.Nurdin M.Top bukan termasuk teroris kelas TK
— Surya Dharma, mantan kepala densus 88 Polri mengatakan dalam wawancara di sebuah TV swasta bahwa Nurdin bukan termasuk teroris kelas TK. Pernyataan tentu dimaksudkan bahwa Nurdin M.Top adalah teroris kelas kakap yang lihai dan licin, sehingga dia sampai saat ini selalu berhasil meloloskan diri dari sergapan polisi.

2.Ada pihak tertentu yang melindungi
— Kemungkinan ini selain dikatakan oleh mantan densus 88 polri, Surya Dharma juga dikatakan oleh Direktur International Crisis Group, Sidney Jones, dalam wawancara yang ditayangkan TV One, Senin, 20 Juli 2009 pagi. Sidney Jone mengatakan bahwa Nurdin memiliki jaringan yang kuat. Selain itu dia selalu menghindari komunikasi telepon, dan melakukan komunikasi melalui kurir agar tidak bisa di sadap seperti koruptor. Sidney Jone memperkirakan masih ada sekitar 12 -13 teroris lainnya.

3.Melarikan diri sambil kawin lari
— Menurut sumber berita yang bisa dipercaya, Nurdin M.Top setiap kali melakukan pelarian ke suatu tempat ia selalu mengawini wanita setempat. Dengan cara ini sudah tentu ia akan mendapatkan perlindungan dari pihak keluarga istri dan penduduk sekitarnya.

4.Selalu melakukan penyamaran yang berubah-ubah
— Nurdin M.Top sudah pasti melakukan penyamaran dengan penampilan yang sangat berbeda dengan foto-foto yang saat ini disebarluaskan oleh polisi.

5.Teroris juga memiliki intelijen
Dengan adanya pihak tertentu yang melindingi Nurdin M.Top, maka sangat mungkin mereka pun memiliki semacam injelijen yang selalu aktif memata-matai pergerakan polisi.


SOLUSI TOTAL DARI BERBAGAI PIHAK
— Sampai saat ini perburuan terhadap Nurdin M.Top sudah memakan waktu kurang lebih 9 tahun. Selama orang ini belum tertangkap maka selama itu pula dia a selalu merekrut orang-orang tertentu untuk menjadi pelaku bom bunuh diri dengan iming-iming masuk surga.

Hal yang cukup mengerikan adalah bahwa selama Nurdin M.Top belum tertangkap, tampaknya terror bom berikutnya tinggal menunggu giliran saja. Oleh karena itu perburuan terhadap teroris tidak cukup jika hanya dilakukan oleh aparat keamanan saja. Untuk itu perlu dilakukan perburuan yang melibatkan berbagai pihak dengan cara sbb:

1.Gerakan nasional
— Mengingat Nurdin M.Top masih memiliki Jaringan yang kuat seperti dikatakan Sidney Jones, dan juga adanya jamaah tertentu yang tersebar luas dan menjadi pelindung teroris tsb maka diperlukan semacam gerakan nasional untuk melakukan perburuan terhadap teroris ini secara besar-besaran yang melibatkan seluruh lapisan masyarakat.

2.Pengamatan intensif terhadap pelindung teroris dari jamaah tertentu
— Jamaah aliran tertentu yang di duga terkait dengan teroris telah terpecah menjadi dua, yaitu kelompok yang mendukung bom bunuh diri dan kelompok yang tidak mendukung bom bunuh diri.

Repotnya salah satu pentolan kelompok yang tidak mendukung bom bunuh diri inipun dalam suatu acara di TV swasta menyatakan akan melindungi Nurdin M.Top dalam pelariannya atas dasar solidaritas keyakinan. Masyarakat dan aparat keamanan perlu melakukan pengamatan intensif terhadap kelompok ini yang tentunya akan turut mempersulit tertangkapnya Nurdin M.Top.

3.Pengawasan terhadap pelindung pihak dari keluarga istri dan penduduk sekitar
— Tempat di mana bermukim keluarga orang yang diduga sebagai Nurdin M.Top dan penduduk di sekitarnya perlu mendapat pengawasan, karena selama ini Nurdin M.Top dikabarkan sering mengawini perempuan di tempat pelariannya, bahkan sampai memiliki anak, yang di khawatirkan akan mewarisi watak seperti ayahnya.

4.Kewaspadaan terhadap beroperasinya intelijen teroris
— Bom bunuh diri yang telah terjadi untuk ke sekian kalinya sudah tentu dilakukan dengan terlebih dulu melakukan pengamatan terhadap gerak-gerik aparat keamanan setempat. Oleh karena itu gerak-gerik orang yang patut dicurigai sebagai intelijen para teroris, perlu diwaspadai.

5.Mewaspadai penyamaran Nrdin M.Top yang selalu berubah
— Nurdin M.Top adalah teroris yang sangat cerdik, karena itu sampai saat ini ia masih bisa meloloskan diri dari kejaran polisi walaupun foto-fotonya sudah disebarluaskan kepada masyarakat.

Sudah pasti Nurdoin M.Top melakukan penyamaran dengan penampilan yang sangat berbeda dengan foto-foto yang disebarkan polisi. Saya menduga salah satu kemungkinan penyamaran itu dilakukan dengan mengubah penampilan yang terkesan lebih buruk seperti orang miskin, gelandangan, dan lain-lain yang biasanya tidak menjadi perhatian orang banyak.

6.Persembunyian di lingkungan tak terduga
— Sesuai dengan penyamarannya yang tentu dibuat berbeda dengan foto-fotonya, tempat persembunyian Nurdin M.Top tentunya sudah dipilih pada tempat-tempat yang tidak terduga. Mungkin saja dia bersembunyi di tempat-tempat kumuh dan di tempat-tempat lain yang biasanya orang lain sangat enggan untuk berada di sana.

Sumber : http://kuncisukses9.blogspot.com/

Satu Balasan ke Mengapa Noordin M Top sulit ditangkap ?

  1. wew….ternyata noordin doyan kawin jg ya…..
    “teroris jg manusia” gag punya hati tappi punya nafsu…
    wkwkwkwkwkwk

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: