www.mediaislam-bushro.blogspot.com

Berikut pernyataan yang mengaku sebagai Nurdin M Top pada blog : http://www.mediaislam-bushro.blogspot.com

KETERANGAN RESMI TANDZIM AL QO’IDAH INDONESIA
ATAS AMALIYAT JIHADIYAH ISTISYHADIYAH
DI HOTEL JW. MARRIOT JAKARTA

اَلْحَمْدُ ِللهِ مُعِزِّ اْلإِسْلاَمِ بِنَصْرِه، وَمُذِلِّ الشِّرْكِ بِقَهْرِه، وَمُصَرِّف اْلأُمُور بِأَمْرِه، وَمُسْتَدْرِجِ اْلكَافِرِيْنَ بِمَكْرِه، اَلَّذِي قَدّرَ اْلأَيَّامَ دُولاً بِعَدْلِه، وَالصَّلاَةُ وَالسَّلاَمُ عَلَى مَنْ أَعْلَى اللهَُ مَنَارَ اْلإِسْلاَمِ بِسَيْفِه.
أمَّا بعد
Ini adalah keterangan resmi dari Tandzim Al Qo’idah Indonesia untuk ummat Islam dengan Amaliyat Jihadiyah Istisyhadiyah di Hotel JW. MARRIOT Jakarta, pada hari Jum’at pagi, tanggal 17 juli 2009 M./24 Rojab 1430 H. yang dilakukan oleh salah satu ikhwah mujahidin terhadap “KADIN Amerika” di Hotel tersebut.
Sesungguhnya telah sempurna pelaksanaan Amaliyat Istisyhadiyah dengan karunia Allah dan karomah-Nya setelah melakukan survey yang serius dan pengintaian yang mendalam terhadap orang-orang kafir sebelumnya.
Dan sungguh benar firman Allah :

“Maka (yang sebenarnya) bukan kamu yang membunuh mereka, akan tetapi Allahlah yang membunuh mereka, dan bukan kamu yang melempar ketika kamu melempar, tetapi Allah-lah yang melempar. (Allah berbuat demikian untuk membinasakan mereka) dan untuk memberi kemenangan kepada orang-orang mukmin, dengan kemenangan yang baik. Sesungguhnya Allah Maha mendengar lagi Maha mengetahui”. (QS. Al Anfal : 17).
Ini juga sesuai dengan firman Allah Ta’ala :

“Perangilah mereka, niscaya Allah akan menghancurkan mereka dengan (perantaraan) tangan-tanganmu dan Allah akan menghinakan mereka dan menolong kamu terhadap mereka, serta melegakan hati orang-orang yang beriman”. (QS. Attaubah : 14).

Agar ummat ini mengetahui bahwasanya Amerika, khususnya orang-orang yang yang berkumpul dalam majlis itu, mereka adalah para Pentolan Bisnisman dan Inteljen di dalam bagian ekonomi Amerika. Dan mereka mempunyai kepentingan yang besar dalam mengeruk harta negeri Indonesia dan pembiyaan tentara kafir (Amerika) yang memerangi Islam dan kaum muslimin. Dan kami akan menyampaikan kabar gembira kepada kalian wahai ummat Islam, bi idznillahi Ta’ala dengan mengeluarkan cuplikan-cuplikan film dari Amaliyat Istisyhadiyah ini insya Allah.
Dan kami beri nama Amaliyat Istisyhadiyah ini dengan : “SARIYAH DR. AZHARI”.
Kami ber-Husnu Dhon kepada Allah bahwa Allah akan menolong kami dan menolong kaum muslimin dalam waktu dekat ini.

الله أكبر ولله العزة ولرسوله والمؤمنون

Amir Tandzim Al Qo’idah Indonesia
Abu Muawwidz Nur Din bin Muhammad Top
Hafidzohullah
KETERANGAN RESMI DARI TANDZIM AL QO’IDAH INDONESIA
ATAS AMALIYAT JIHADIYAH ISTISYHADIYAH
DI HOTEL RIZT CALRTON JAKARTA

اَلْحَمْدُ ِللهِ مُعِزِّ اْلإِسْلاَمِ بِنَصْرِه، وَمُذِلِّ الشِّرْكِ بِقَهْرِه، وَمُصَرِّف اْلأُمُور بِأَمْرِه، وَمُسْتَدْرِجِ اْلكَافِرِيْنَ بِمَكْرِه، اَلَّذِي قَدّرَ اْلأَيَّامَ دُولاً بِعَدْلِه، وَالصَّلاَةُ وَالسَّلاَمُ عَلَى مَنْ أَعْلَى اللهَُ مَنَارَ اْلإِسْلاَمِ بِسَيْفِه.
أمَّا بعد
Ini adalah keterangan resmi dari Tandzim Al Qo’idah Indonesia untuk ummat Islam dengan Amaliyat Jihadiyah Istisyhadiyah di Hotel Rizt Calrton Jakarta, pada hari Jum’at pagi, tanggal 17 juli 2009 M./24 Rojab 1430 H. yang dilakukan oleh salah satu ikhwah mujahidin terhadap antek-antek Amerika yang berkunjung di Hotel tersebut.
Sesungguhnya Allah menganugerahkan kepada kami jalan untuk menyerang Hotel termegah yang dimiliki oleh Amerika di Ibukota Indonesia di Jakarta, yaitu Rizt Calrton. Yang mana penjagaan dan pengamanan di sana sungguh sangatlah ketat untuk dapat melakukan serangan seperti yang kami lakukan pada kali ini.

“Mereka membuat Makar dan Allah pun membuat Makar. Dan Allah itu Maha Pembuat Makar”. (QS. Ali Imron : 54).
Adapun sasaran yang kami inginkan dari amaliyat ini adalah :
1.Sebagai Qishoh (pembalasan yang setimpal) atas perbuatan yang dilakukan oleh Amerika dan antek-anteknya terhadap saudara kami kaum muslimin dan mujahidin di penjuru dunia
2.Menghancurkan kekuatan mereka di negeri ini, yang mana mereka adalan pencuri dan perampok barang-barang berharga kaum muslimin di negeri ini
3.Mengeluarkan mereka dari negeri-negeri kaum muslimin. Terutama dari negeri Indonesia
4.Menjadi pelajaran buat ummat Islam akan hakikat Wala’ (Loyalitas) dan Baro’ (Permusuhan), terkhusus menghadapi datangnya Klub Bola MANCESTER UNITED (MU) ke Hotel tersebut. Para pemain itu terdiri dari para salibis. Maka tidak pantas ummat ini memberikan Wala’nya dan penghormatannya kepada musuh-musuh Allah ini
5.Amaliyat Istisyhadiyah ini sebagai penyejuk dan obat hati buat kaum muslimin yang terdholimi dan tersiksa di seluruh penjuru dunia
Yang terakhir ….. bahwasanya Amaliyat Jihadiyah ini akan menjadi pendorong semangat untuk ummat ini dan untuk menghidupkan kewajiban Jihad yang menjadi satu-satunya jalan untuk menegakkan Khilafah Rosyidah yang telah lalu, bi idznillah.
Dan kami beri nama Amaliyat Jihadiyah ini dengan : “SARIYAH JABIR”
الله أكبر ولله العزة ولرسوله والمؤمنون

Amir Tandzim Al Qo’idah Indonesia
Abu Mu’awwidz Nur Din bin Muhammad Top
Hafidzohullah
cicak18 is offline
Digg this Post!Add Post to del.icio.usBookmark Post in TechnoratiFurl this Post!
Reply With Quote

230 Balasan ke www.mediaislam-bushro.blogspot.com

  1. 4sudut mengatakan:

    Aku sendiri meragukan blog ini benar-benar di posting Nordin M Top
    http://sudutp4nd4ng.wordpress.com

  2. Swastika mengatakan:

    Andalah perwujudan setan di dunia yang suka memutarbalikkan dalil untuk pembenaran perbuatan jolim Anda sebagai hamba setan. Anda gunakan dalil yang tidak utuh untuk membenarkan perbuatan biadab anda. Tempat Anda bukan surga melainkan neraka jahanam yang siap menanti Anda…
    Anda kobarkan hawa setan yang merusak dan membinasakan orang-orang tanpa dosa. Jiwa anda sudah identik dengan jiwanya setan, sehingga anda tak mampu melihat keluhuran dan petunjuk Allah Swt untuk kedamaian umat manusia di dunia dan akhirat…

    • Zaid mengatakan:

      BElajar dulu baru ngomong, sok tau lo, baca alif-ba-ta belum lempeng aja sudah berani nyalah-nyalahin orang, kafir amerika,dkk itu yang layak lo bilang setan, bodoooooh !!!!

    • awan mengatakan:

      anda kalo mo ngomong dipikir dulu, anda juga belum tau kan alasan mereka mengebom??? anda sebaiknya belajar agama yang banyak dulu, baca tulisan ulama islam zaman sahabat, tabi’in dan tabiut’ tabi’in. semua ulama sepakat berjihad cuman aplikasi di lapangan berbeda… kalo gak punya ilmu lebih baik diam, karena semua perkataan anda akan dipertanggungjawabkan di hadapan Allah nanti… camkan itu

      • ayi mengatakan:

        dasar noordin manusia bodoh.. hidup ini cuma sementara… bukannya beramal malah bunuh orang…..islam ga pernah nyuruh gt,,, malu aku sebagai orang islam…knpa ya banyak umat islam yang slah kaprah… udalah kita serahkan pada Allah saja.. Allah maha mengetahui…biar Allah yang membalas perbuatannya,,,

      • Ryan mengatakan:

        aaaaaahhhhhh…. masa sih????? lo belum ngerasain aza gimana rasanya orang yang lo sayangi, ibu, bapak, adik, kakak atau sodara yang laennya kena bom terus mati. Apa itu yang lo sebut boleh, pikir donk pake otak!!!!!!!!!!!!!!!!

  3. nana mengatakan:

    hhhhhhhhhhmmmmmmmmmmmmmmm ALLAH ngajarin balas dendam yah ternyata …, masa sih sifat ALLAH pendendam yah ?????

    • Zaid mengatakan:

      Bukan dendam tapi balasan setimpal (qishosh) paham….!!! baca Al Qur’an Al Baqarah 194, At Taubah 36, Al Maidah 55, An Nahl 126, sukur2 sama tafsirnya kalo bisa, jangan asal ngomong, pelajari dulu, heran saya hari ini banyak orang sok tau

      • Abul mengatakan:

        na zaid apakah ini yg mendi dasarnya ? Bulan haram dengan bulan haram, dan pada sesuatu yang patut dihormati, berlaku hukum qishaash. Oleh sebab itu barangsiapa yang menyerang kamu, maka seranglah ia, seimbang dengan serangannya terhadapmu. Bertakwalah kepada Allah dan ketahuilah, bahwa Allah beserta orang-orang yang bertakwa.

        Pertanyaannya (1)apakah anda sedang ada di medan perang/anda sedang melakukan ibadah dan ada yang menghalang2-halangi org musrikin / kapir di Indonesia ?

        Pertanyaan (2). Ibadah apa yang sedang anda lakukan hingga merasa ada yang menghalangi dan harus di perangi apakah mereka menyerangmu ?
        atau hanya katanya (kata osama/kata guru anda) sudahkan anda berpikir jernih di hati yang sesungguhnya ?

        Rasulullah banyak memberi tauladan kepada umat melalui kecintaannya terhadap anak, istri, tetangga dan orang tua. apa yang dilakukan oleh teroris sudah meninggalkan anak dan istri, membunuh org tidak berdosa (mereka tidak menyerangmu na dan tidak mengganggu negaramu na)
        Seruan dan saran Buat Anda
        Mendingan anda berbuat untuk keluarga, tetangga ajak kepada kebaikan bila perlu sadarkan mereka agar mereka menjadi hamba2 yang soleh hamba yang taat kepada Allah karena masih banyak di negara kita islam ktp dan lainnya……

  4. kabariberita mengatakan:

    bisa jadi ada orang iseng yang ingin memperkeruh suasana

  5. Hendro mengatakan:

    Cara antum salah,walaupun antum tjuan memerangi kaum yahudi dan salibis. Tp yg bnyk korban sdr muslim sndri.

    • awan mengatakan:

      akh antum harusnya perdalam lagi ilmu agama antum jangan langsung memvonis. kita sepakat jihad kan? tapi yang jadi masalah adalah bagaimana penerapannya di lapangan.

      • Abul mengatakan:

        Jihad itu kalau anda di serang oleh orang kafir/musrik/ dan itupun anda sedang dalam ibadah kepada Allah bukan sedang merencanakan sara membunuh orang. Justru anda harus belajar agama kepada orang yang tepat jangan sepengal-penggal karena penafsiran yang salah akan fatal akibatnya bisa mencederai dan mencelakakan umat….manusiawi lah dan yang lebih Tahu itu Allah

  6. dira mengatakan:

    Heboh bener nih blog. Sukses tuh yang bikin..🙂

  7. franki muhammad mengatakan:

    stelah saya baca blog ini,,
    ad bgusnya ….
    apalgi saya anti org barat(kafir),tpi bknlah dengan mengebom negara sendiri..
    dampaknya sngat besar trhdap ngara kita…
    negara kita jd malu dmata dunia,aplgi pihak keamanan yg gagal mengatasi teror…
    mengapa g langsung kedunia barat aj di bom…
    islam tidak pernah mengajari membunuh sesamanya…
    biarlah allah yg membals dosa kaum kafir tersbut…
    ne blog psti ulah negara luar yg ingin mengahncurkan kaum muslim di indonesia..
    saudaraku noordin menyerahlah kepada polisi & BERTOBATLAH klo btul anda yg melakukan…
    kita g leh membunuh sesama makhluk.benci ma amerika &antek2nya ,bkn membunuh crnya…
    jgn di beli produk mereka(boikot)
    wasssalam

    • bukan pengecut kayak terrorist mengatakan:

      kalo anti barat jgn setengah2. jgn pake ilmu, technology juga mas. jgn pake telepon krn penemunya org barat lah (haram kan tuh…), jgn pake google (product barat), makan di mcd,kfc,pizza hut apalagi…wah najis tuh (franchise dr barat kan tuh?) hehehhe trus apa tuh jadinya…. silakan dicoba sendiri🙂
      peace….

  8. Mas Karebet mengatakan:

    Orang biadab macam Noordin M. Top dkk, tidak pantas hidup di dunia ini, ia hanya mengaku Islam, tapi sebenarnya ia dkk lah yang sebenar-benarnya kafir. Untuk Bpk2 penegak hukum, jangan sampai terkecoh bualan Noodin M. Top lewat situs ini. Masyarakat sangat mendambakan agar pelaku pemboman tsb segera ditemukan dan diganjar hukuman sesuai dengan perbuatannya. Bravo bpk Polisi

    • awan mengatakan:

      ngaji dulu lo sebelum ngomong!!!! ga berilmu pengen komentar, udah kayak orang gak pernah sekolah tapi pengen nerangin rumus fisika??!!!! ke laut aja loh…

  9. hamba Allah mengatakan:

    menurut aku pribadi,yang aku ketahui Allah tidak menyerukan untuk membunuh manusia lainya.rosululloh pun juga begitu,klo toh ingin memerangi amerika,lha mbok ya langsung datang ke amerika trus nantang perang/ngebom di sana.knp di negeri sendiri,yang korbanya bukan hanya orang amerika,tapi saudara kita sendiri.datng ke amerika trus perang,ga berani kan?!eh nurdin!juga para pengikut2nya.baca dengan baik ya!lo semua tuh ga pernah di minumin ato di kasih makan yang halal ya sama bokap n nyokap lo!orng klo makananya haram,pasti yang ada di pikiran(otak) adalah melakukan perusakan di muka bumi ini,yang perlu di perangi tuh justru lo pade!lo ngaji kitabnya orang gila yang lewat ya?!klo lo ngaji alquran dan mempelajari kehidupan roasululloh,lha ga akan gt.klo lo pade mikir mau basmi amerika dengan ngebom di hotel dengan tujuan yang lo sebutin tadi.cetek amat otak lo!lo mikir ga kerugian yang di alami saudara2 kita(eh bukan kita,tap saudara2ku.lo kan bukan saudaraku,orang lo iblis!),pedagang dll!mereka mengalami kerugian yang sangat besar,mereka punya anak istri,amanah dari alloh yang harus mereka kasih makan!lo jangan bawa2 islam deh!lo itu lebih hina dari pada anjing kudisan,babi di tempat pembuangan kotoran manusia!aku yakin lo pade makanya makan kotoran,sehingga otak lo pada kotor!dr azhari dan saudar lo yang udah mada modar,pasti di alam kubur dah di gebukin sama malaikat2!lo percaya ga sama adanya adzab kubur?!belajar dulu deh biar lo semua ngerti!seandainya aku aparat yang bs nangkep lo pade,aku ga akan langsung bunuh lo pade!aku pengen ngulitin lo,ngiris kuping lo,ngiris kemaluan lo (suka kawin gt)motong kaki dan tangan lo,motong lidah lo,habis gitu gue lemparin ke kandang buaya!klo perlu aku ajak berantem aja dulu.lo pade beraninya dari belakang!lo sama PKI hampir sama,tp lebih parah lo!ngatas namain islam!bego banget!itu namanya pengecut!tau ga artinya pengecut!orang bodoh kayak lo pade mah ga akan ngerti yang namanya pengecut!otak lo dah di penuhi sama bisikan iblis!itu mah bukan perintah Alloh,tapi iblis yang bisikin lo!jangan2 lo pade dah kawin sama emak lo sendiri!jadinya hati lo pada keras.jihad tuh memerangi hawa nafsu,lo pade kan belum bisa merangi hawa nafsu lo sendiri!buat majelis mujahidin dan para jamaahnya,jangan bawa2 islam klo sikap lo ga kayak rosululloh!jiha yang sesungguhnya bukan seperti yang lo pelajari!hidup apart indonesia!tangkap dan siksa aja tuh nordin dan pengikutnya!bubarkan majelis mujahidin!islam suka damai,sesuai artinya!akhir kata buat m top dan iblis2 lainya!urusi tuh anak istri lo!kawin di tinggal dengan alasan jihad,hinggap di kampung laen kawin lagi!penjahat kelamin juga lo!lo pantesnya hidup di dasar neraka,klo di dunia gini,lo pantesnya hidup di tempat kotoran manusia!bareng sama emak lo pade!

    • Jamilah Bukkar al Makki mengatakan:

      keren abis komentarnye.setuju

      • bukan pengecut kayak terrorist mengatakan:

        betul bgt tuh komentar lu. woi nurdin n the gank, baca tuh! bisa baca ga

      • DR.Azhari.Di.Neraka mengatakan:

        Ass.Wr.Wb. Orang Amerika,atau orang Manapun tidak boleh di BOM, biarkan dia itu mahluk Allah. kalau Agama Islam itu kayak Nurdin Top, Malu kita beragama Islam. Ayo kita pindah agama saja ke Agama Yang benar. Malu kita beragama kaya Nurdin Top . Saya DR.Azhari sudah di Neraka, makanya saya ingin ajak Lu Tak usah Ikut Agamanya Nurdin Top dia itu Dajal

    • awan mengatakan:

      hei hamba Allah kalo ngaku hamba Allah seharusnya lo betul2 jadi hamba Allah sebagaimana yang diinginkan Allah. mang lo ga pernah baca sejarah nabi muhammad??? rasulullah selama 13 tahun di madinah berperang sebanyak 74 kali apa dalam tuh perang gak ngebunuh manusia??? ya pasti ngebunuh kafir quraisy bukan ngebunuh onta… lo sebaiknya liat penderitaan saudara2 muslim di afganistan, irak, cechnya, pakistan, moro filipina, pattani, uygur cina, sudan, somalia dan yang terdekat ambon dan poso beberapa waktu yang lalu… semua saudara gw dibunuh pas lagi sholat, dirudal dan yang terbunuh apa cuman tentara muslim???? gak!!! yang terbunuh tuh rakyat sipil yang gak berdosa, anak2 yang tak tahu kenapa mereka dibom, para orang tua yang tak bisa menyelamatkan diri… terus lo mo bilang kalo jihad tuh ga ada dalam islam????? lo sebaiknya ga usah ngaku islam kalo kayak gitu… gua malu ada seorang muslim yang tidak tahu agama dan saudara2nya sedang diserang tapi dia enak2an komentar seolah-olah dia bukan seorang muslim.

  10. Koko mengatakan:

    Azahari orang malaysia.nurdin m top jg malaysia.wah negara kita djajah malaysia.
    Klo benci amerika,knp gak langsung ke amerika aj?!
    Ktany jihad,kok cemen gt.

  11. imi surya putera mengatakan:

    saya setuju memerangi orang2 kafir, tapi sebaiknya langsung menyerang negara mereka, bukan menyerang mereka yang ada di negara kita, sehingga saudara kita umat Muslim juga ikut jadi korban.
    salam dari tenggara kalimantan, http://www.imisuryaputera.co.nr

  12. RUFTI mengatakan:

    HEY.. NURDIN MACAM MANA ,ENGKAU NIKAN ORANG MLESYA HARUSNYA ENGKAU NI BERJUANGLAH DI NEGRIMU SENDIRI JANGAN KAU BAWA BAWA NEGRI ORANG KE MASALAHMU

  13. aulia muttaqin mengatakan:

    Ayat 14 al-anfal & 17 attaubah yg digunakan tersebut adalah bagian dari penjelasan Allah Swt apabila seorang muslim terlibat dalam peperangan mempertahankan agama Allah. Kalau kita utuh membacanya (satu surah, bukan hanya satu Ayat), seorang yg awam pun akan memahami maksud Allah yg sebenarnya. Jelas sekali yg menyebarkan kebencian melalui ayat tersebutlah yg sebenarnya musuh Allah.

    • Husman Husain mengatakan:

      Sampai saat ini saya tidak yakin kalau Noordin M Top adalah sosok teroris pengeboman JW Marriot dan Ritz Carlton. hal ini merupakan rekayasa dari pihak-pihak asing. ini hal yang sangat lucu Seorang Noordin M Top yang sampai sekarang belum bisa di tangkap, bahkan para intellegen belum bisa memastikan wajah sebenarnya Noordin M Top. pEmerintah, aparat beserta para Inteligen perlu mengetahui hal yang sekarang terjadi pada level dunia. sekarang !!!!! negara-negara Islam telah di bom !!! di dalam pikiran saya sempat terlintas kalau kaum Kapitalis sangatlah takut akan lahirnya Syariat ISlam Di Indonesia karena ini dapat menghambat kinerja mereka 2010 yang akan datang. kalau sampai sekarang tidak ada penolakan atas kerjasama yang ditawarkan pihak asing, tunggu-tunggu saja tahun 2010 akan terjadi eksploitasi minyak gas. Nah.., yang perlu di sikapi bahwa apakah kita ingin kalau Indonesia ini menjadi negara yang punah seperti Afrika utara dll. Selanjutnya Perhatikan peta dunia Yang menggambarkan bahwa Indonesia berada pas di tengah yang di kelilingi negara AS, Australia dan inggris. ketika kita memperhatikannya Negara AS, Australia dan Inggris pada peta dunia, akan membentuk segitiga bermuda yang dalam wacana spritualisme mengandung makna. wassalam !!!!

    • Zaid mengatakan:

      Ini lagi menuduh orang setengah-setengah baca ayat, dia sendiri cuma nukil dua ayat, ayat memang banyak maka pahami runtutannya, jangan lupa hadits + sirah juga mba !!!

  14. abu fikry mengatakan:

    Islam mengajarkan umatnya untuk rahmatan lil ‘alamin, baik itu pada sesama muslim atau non muslim, jihad dengan cara bunuh diri tidak diajarkan dalam islam, itu sama saja mendholimi diri sendiri, dan jelas masuk neraka.

  15. ahmad chudlori mengatakan:

    Buat para komentar bunuh membunuh adalah hal yg biasa menurut allah,apakah anda mau mengatakan biadab kepada allah,setelah allah membunuh banyak manusia lewat izrail dari jama adam dahulu?Jadi kalau menurut gue komentarlah dengan yg santun sebab kita semua tdk mengerti apa2 tentang itu yg mengerti hanyalah orang2 yg ahli di bidangnya,jngn bnyk komentar malah nanti berdosa lho.

  16. Dini Hamba allah mengatakan:

    Asslkm, Y allah hngga kpn KAU buktikan rasa synk mu dan teguran mu kepda kami. Hngg KAU ciptakan manusia2 yg menyalah arti kn ayat2 suci mu, Y Allah,bimbing lah mereka utk tau bhwa SIFAT mu tdk ada dendam. Mereka tdk tkt dgn murka mu, hingga mrk brani mmbwa nama islam utk membunuh manusia yg seharusny hny dri mu yg boleh menghukum dan menentukan nywa se2org. Bwtlh mrka sdr Y allah,ijinkn kami trus menyejukkan bumi ini dgn ayat2 suci alquran agr tdk dislh artikn lg.

    wassalam…

  17. orANG LUWuk mengatakan:

    biar..jo supaya orang amerika tahu, di indonesia banyak yang kayak osamah..(GANAS…KAN)…………….IHEE’ NA MOMBLOK..

  18. Alfa Bravo mengatakan:

    Kasihan sekali orang yang mengaku faham agama, tetapi menghalalkan balas dendam dan menganggap bunuh diri sebagai “calon pengantin”……
    Dalam Islam berperang aja ada etikanya, terhadap kaum kafir juga ada etikanya….
    Yang bikin blog ini saya yakin bukan dari umat Islam…., tetapi cuma biadab yang ingin menggoyahkan Iman Umat Islam….

  19. agus yulianto mengatakan:

    Subhanallah…bukankah Islam adalah agama yang Rohmattan Lil Alamin (maaf kalo nulisnya salah), masa mengajarkan kebencian yang tak terampun? Wahai ahli agama, urun rembuglah, jangan kami dijadikan bingung menterjemahkan mana yang benar dan mana yang benar, benar-benar.

    • awan mengatakan:

      harap pahami dulu makna rahmatan lil alamin. memang islam mengajarkan hal itu tapi maknanya adalah rahmatan lil alamin dalam artian yang luas yaitu supaya manusia hanya mentauhidkan dan menghamba kepada Allah semata baik dalam hal rububiyah, uluhiyah maupun asma wa sifat. setelah hal itu terjadi barulah tercipta islam sebagai rahmatan lil alamin.

  20. Ujang mengatakan:

    yah… bang nurdin M Top… tolong lah kalao mau ngebom langsung aja ke negara musuh Iran sono, kalao di indonesia sampean keliru… la wong islam saudara sendiri kok di bom, orang kafirnya dapat beberapa orang saudara seiman pun luka-luka. itukah JIHAD menurut versi sampean?
    saya juga orang yang benci dengan keangkuhan negara kafir yang menghancurkan negara Islam… saya bangga dengan Iran… andai sampean bergabung aja dengan Iran mungkin lebih baik…

  21. Hamba Allah mengatakan:

    Wahai seluruh umat muslim di dunia ini, perangilah orang yang membuat kerusakan didunia ini, (teroris , AlQo’idah , nurdin m top serta antek – anteknya) yang telah merusak kemurnian Islam , yang telah menghalalkan apa – apa yang diharamkan, merubah kesucian Alqur’an. Demi Allah’ Allah Maha mengetahui dan maha mendengar. aku akan berjuang melawanmu (teroris) “JIHAT Fisabilillah” jika aku berjuang berperang denganmu (orang pembuat kerusakan)

  22. abh3s mengatakan:

    gila bener….

  23. hamba tuhan mengatakan:

    Buat Noordin M Top dkk ,kita sudah lihat dan dengar semua perbuatan mu yang hanya merusak tatanan kehidupan manusia.Apakah kamu tahu bahwa Allah yang ada didalam dirimu itu sama juga dengan Allah yang ada didalam semua korban2 mu.Apa kamu tahu bahwa Sing gawe urip itu ya Allah itu sendiri.Jadi kalau kamu membunuh umat manusia itu sama dengan kamu membunuh Allah mu sendiri.dan juga sama artinya kamu bunuh dirimu sendiri.Dosa terbesar bagi umat manusia adalah membunuh sesamanya.Jadi bertobatlah dan Allah akan mengampunimu.Allah itu maha pengasih dan penyayang jadi tidak mungkin Allah menyuruh kita membunuh.Kembalilah kejalan Tuhan maka kamu akan diampuni oleh NYA.Stop pembunuhan dan cintailah kehidupan yang penuh dengan kasih sayang dan damai.Damai itu sangat indah dan sangat manusiawi.Coba kita lihat kehidupan binatang yang derajatnya jauh bawah derajat manusia.Kalau mereka mau makan saja harus membunuh mahluk yang lbh lemah.Kita manusia yang berakal dan berbudi tidak seharusnya meniru binatang yang suka membunuh.Jadilah manusia yang bisa menjunjung tinggi derajat manusianya.Allah itu adalah Kasih dan Sayang.Jadi stop killing .Saya sebenarnya sangat prihatin dengan kamu yang tersesat dan terjerumus kelembah dosa .Bertobatlah sebelum terlambat.Perbaiki karmamu dan perbesar investasi akhirat mu dengan perbuatan baik dan tanpa dendam.

  24. Zainal Muhamad Top mengatakan:

    Kalian semua pengecut,teroris yg b’lindung dibalik Islam.jgn kebiasaan perang diafganistan,lu praktekin di Indonesia.masa lu merangi negeri s’diri.bego lu.nurdin m top jelas2 teroris yg kabur dr malaysia lu ikutin..

  25. max bima mengatakan:

    aneh ya Nurdin….
    kalo mau ngebom orang barat kenapa gak dinegaranya sendiri ya (malaysia) kenapa justru Indonesia????
    jangan jangan dia memang sengaja merusak negara Indoneisa dengan alasan jihad agama.
    payah dan lemot juga orang indoneisa yang mau dipedaya orang kayak Nurdin M Top.
    negara aman kok buat bom bunuh diri… sono di Afganistan atau Iraq. lagian kenapa juga bukan dia sendiri yg bunuh diri???? kenapa nyuruh orang??
    takut mati juga dia kayaknye.

  26. x-men mengatakan:

    agama dan tuhan adalah urusan pribadi masing,inilah contoh kalo agama di pakai sbg kendaraan politik,agama manapun tidak membeda-bedakan ras,warna kulit atau apapun..orang barat di bilang kafir? dasarnya apa? tujuan apa? cobalah intropeksi diri sendiri dulu,jgn main jeplak aj…klo orang barat di bilang kafir..lah ngapain allah menciptakan mereka..emg allah iseng apa ngk ada kerjaan..coba pikirkan

  27. edet mengatakan:

    merampot kerot…………….

  28. hamba allah mengatakan:

    Sy prihatin sekali kalau nama islam di bawa2 dalam hal pengeboman ini. karena saya yakin bahwa alqur’an mengajarkan ttg ini.
    himbauan kepada semua muslim yang beriman.. tlng jangan terkecoh dengan propaganda terorist ini.
    wassalam

  29. Rumsyah Pandan mengatakan:

    Islam cinta kedamaian dan Allah sangat murka terhadap orang yang melakukan kerusakan dimuka bumi, jelas tindakan Nurdin top cs sangat di murkai Allah. Yg melakukan teror mengatasnamakan Islam tujuannya adalah menghancurkan Islam, justru teroris ini musuh Islam yg nyata dan harus kita perangi, kami serukan orang Islam jihad memerangi teroris

  30. mahmud rembang mengatakan:

    kenapa ada teror ????? Pasti karena adanya ketidakpuasan dan ketidak adilan anatara kafir- muslim.
    atau anatara barat dan islam.lalu siapa yang dirugikan ???? tentu muslim…….( menurut versi muslim . Dari sisi mana kita nilai ???? kira kira bgini :I- barat seolah telah memaksa sistim kapitalisme yang yang identik dg riba naknatulloh untuk diterapkan dinegri yang mayoritas muslim(harta muslim akan dikeruk kafir )
    II-Barat seolah memaksa hukum politik demokrasi
    untuk diterapkan di nagara yg penddknya mayoritas muslim .dimana hasil kompromi politik demokrasi pasti tak akan perpihak tegaknya syariah (sudah patsi jika menurut versi islam )

    intinya begini: hapus kapitalisme dan politik demokrasi karena kedua hal tersebut adalah penghalang
    tegaknya syariah islam .
    namun semua tidak boleh dipaksakan dalam penerapannya. dakwah santun dan arif adalah jalan terbaik untuk menegakkan syariah.bukan bom bunuh diri yang biadab.

    KENAPA ADA KONGLOMERAT DAN GLOBLISASI DI DUNIA ???
    KARENA ADANYA KAPITALIS YG RIBAWI LAKNATULLOH

    • bukan pengecut kayak terrorist mengatakan:

      jadi mau lo apa? balik aja gih k jaman batu sendiri, jgn ngajak2 org lain. yg jelas inti permasalahannya adalah: SIRIK TANDA TAK MAMPU. jujur dehhh…jujur pada hati nurani.

      • awan mengatakan:

        hei bukan pengecut (tapi sebenarnya lo tuh pengecut) kalo berani lo diskusi ma gw. yang dibicarakan oleh saudara mahmud rembang itu 100 % betul yang SYIRIK tuh lo… udah jelas2 Allah berfirman bahwa tidak dikatakan beriman seseorang sampai ia berhukum terhadap syriat Allah dan Rasul-Nya pada segala bidang termasuk ekonomi dan bagaiman bernegara. lo yang harus balik ke jaman batu SYETAN!!!!! dan lo yang harusnya jujur pada hati nurani lo… SEBUTIN nama sama alamat lo kirim ke email gw, kapan kita bisa ketemu dan gw mo bungkan mulut besar lo…

  31. amir.monami mengatakan:

    SI NURDIN M TOP PANTASNYA DAPAT HIDUP. IKAT DIBAWA POHON KASIH SEMUT MERAH,BIARKAN TIGA HARI. ANGAKAT BERSIHKAN LAGI. IKAT LAGI KASIH SEMUT MERAH LAGI BEGITU TERUS MENERUS. KALAU UDA PUAS BARULAH TERAKHIR LEMPAR DALAM API.ATAU BENAM DALAM LUMPUR LAPINDO ITU BARU SETIMPAL DENGAN PERBUATANNYA.

  32. AZIZ mengatakan:

    APAkaH Allah mngjarkan qt kekerasan? sngguh biadab kau yg telah mengeb0m.

  33. asdan mengatakan:

    suruh aja tim termehek-mehek cari tu si nurdin pasti ketemu … walah ga nyambung ni

  34. GaRaSi mengatakan:

    Benarkah Nurdin m top = Al qoidah?
    Pernah terpikirkan ngga….klo nurdin itu orang bayaran dari seseorang, demi memperoleh keuntungan dari dampak teror yang ditimbulkan!

  35. Raka mengatakan:

    Astaghfirullaah,

    Saya sebagai muslim malu membaca kalimat2 dari Nur Din bin Muhammad Top itu, dia se-akan2 merasa hebat, apa yg diyakininya benar menurut Islam. Andaikan Nur Din bin Muhammad Top membaca tanggapan saya :

    Sadarlah wahai Nur Din Muhammad Top, apa yg anda perjuangkan SALAH BESAR dan apa yg anda yakini ttg kebenarannya SALAH BESAR..!! Allah SWT telah berfirman bhw Islam itu adlh RAHMATAN LIL ALAMIN, Islam itu PENYEJUK dunia, Islam itu PEMBAWA DAMAI, bukan bar-barian seperti ANDA..!!! Ingatkah anda ttg sejarah Islam..?! Ketika Rasulullaah hijrah ke Madinah, apakah sudah tersebar Islam disana..? Jawabannya BELUM..!!! Tetapi krn akhlaq beliau, etika, bijaksana, sopan santun beliau maka Rasulullah dapat diterima disana. Sehingga kaum musyrikin, yahudi dan nasrani lambat laun, perlahan tapi pasti masuk Islam dgn KAFFAH. Rasulullaah Muhammad SAW TIDAK mrngajarkan KAUMnya PENDENDAM, dan TIDAK pula mengajarkan KAUMnya BRUTAL, TIDAK..!!! Islam itu berdasarkan Syahadat, Al-Qur’an dan Hadits…dgn kata lain, pergunakanlah akal sehat, hati dan logika untuk kita mengImani Allah SWT. TIDAK dgn HAWA NAFSU dan SEPENGGAL PENGGAL AYAT yg akhirnya BISIKAN SYAITHAN yg anda yakini…!!
    HARRAMU’ALAIK…!!!!

    Wassalamu’alaikum,

    • awan mengatakan:

      tapi Allah mengajarkan hamba-Nya jika kamu didzolimi dan disakiti maka boleh membalas dengan balasan yang setimpal!!!! baca lagi Al-qur’an dan tafsirnya…

  36. aku mengatakan:

    goblok, memalukan, merusak agama itu namanya, gilaaaaaaaaaaaaaaaaaa

  37. rezhikaru mengatakan:

    hanya orang2 pengecut seperti noordin top yang bisa berdiri dibelakang orang2 yang ga paham tentang agama supaya dia bisa mencuci otak orang,sama seperti yang dilakukan orang2 NII(negara islam indonesia)yang ga punya dasar2 yang kuat tentang dalil2 alqur”an,berarti nordin ga paham tentang ajaran dasar agama islam yang mengajarkan perdamaian,bukan menciptakan image islam itu agama kekerasan,apakah dia tidak pernah mendengar kutipan bahwasannya orang yang memusuhi kaum selainnya maka dialah yang kafir,sudah jelas bahwa islam itu agama damai,NOORDIN NUMPANG NGE TOP BELAJAR AGAMA LAGI DAH LO,BIAR PAHAM BENER TENTANG AGAMA LO SENDIRI,Jihad itu banyak jalannya boz,lo kerja aj udah jihad,lo sholat aj udah jihat,ga usah muluk2 dah mikirnya

    • awan mengatakan:

      yang lo katakan bahwa kerja jihad dan solat jihad itu pengertian jihad berdasarkan makna lughowi (bahasa) kalau secara syariat jihad itu berperang dengan musuh2 Allah dengan mengorbankan jiwa dan harta dan itu yang dicontohkan Rasulullah… jadi kalo ga paham jangan bicara seenaknya lo bisa nyesatin orang…

      • ryan mengatakan:

        eh bung….. sebenernya lu siapa sih? gigih banget ngebela si noordin dengan tindakan yang tololnya itu. Lo babunya??? budaknya???? Masya Allah!!!! sejak kapan lo menghambakan diri sama si noordin???? berarti lo udah menghambakan diri kepada selain Allah, naudzu Billah!!!! mana nurani lo sebagai muslim. Kalo gw boleh nasehatin lo, istighfar yang banyak!!!!!!!!!!!!!

  38. ajib mengatakan:

    menurut saya segala sesuatu itu seharusnya yan9 wajar zaja,begitu jadinya kalo rasa kebencian di besar-besarkan…….!!!!!!!

  39. Rahmat mengatakan:

    Nurdin & Ashari orn malaysia< katanya kerok harta kekayaan indonesia>> OTAK MIRING>>>>

  40. pandji mengatakan:

    Jika Rosululloh jihad dengan cara membunuh orang, yang Islam hanya Rosululloh. Akan tetapi, Rosululloh berjihad dengan membunuh isme/akidah bukan orangnya.

  41. mujahid mengatakan:

    hhhhmm kalo emang mau jihad jangan disini…kl emang niat bom di amerika sono atau di australia atau di israel sekalian….cuma pengecut-pengecut yg bertopeng jihad yg berani membuat onar di negerinya sendiri…apa gak mikir,,,,yang kena imbasnya itu bangsanya sendiri..yang susah bangsanya sendiri…beraninya ngebom di negara damai…cemeeeeeeeennnnnnnnnnnnn

  42. Hantu DR Azahari mengatakan:

    HI NOORDINNN, aku adalah azahari yang bangkit dari kubur….. kenapa sih masih maen bom-boman gak elite BOOO…eike kan udah bilang jangan maen bom-boman…bawa nuklir aja ke israel atau ke amrik…kasian boo negara ini negara damai…kok yey masih maen-maen disini sihhh….duuhhhhh rummppii ….rumppiiii….

  43. WNI mengatakan:

    Sebenarnya permasalahan negeri ini sudah banyak, jadi biar yang berwajib yang menangani aja. Kita doakan saja biar cepat ketangkep dan yang penting jangan salah tangkap , kasihan to. Yang nggak bersalah kena. biar para abdi negara yang membereskan. Komentar boleh, tapi kita tidak usah ikut ribut. Laksanakan tugas masing-masing. Kalau kita ribut yang senang tu…. yang ngaku nur din m top.

    MAJU TERUS POLISI REPUBLIK INDONESIA
    SIKAT TU NURDIN M TOP, SEMOGA CEPAT KETEMU
    HATI-HATI MENJALANKAN TUGASNYA, INGAT YANG DIRUMAH UDAH MENUNGGU… YA..PAK. SALAM HORMAT BUAT PAK POLISI DIMANAPUN ANDA BERADA

  44. Nunug mengatakan:

    Ijin sedikit komentar dari Non muslim,
    Dari beberapa komentar yang saya baca, antar sesama muslim sendiri kelihatannya terpecah – pecah, boleh sih beda pendapat tapi pendapat yang dasar yang berbeda – beda, seperti Rekaya dari pihak asing pada blog (seolah-olah orang mulsim tidak mungkin melakukan, kasus2 bom bali dulu juga ada komentar gitu , tapi Nyatanya ?), dan tidak percaya nurdin adalah sosok terroris,tapi juga ada yang menggujat Nurdin M top, dan yang menjadi satu suara yang sama adalah istilah kafir … semua sepertinya serempak memusuhi kafir, tidak tahu jelas, apa yang dimaksud kafir itu non muslim atau orang amerika?Kalau yang dimaksud non muslim, berarti saya juga kafir, berarti musuh Anda.Saya peraya kebencian dengan orang kafir akan selalu ada, kalau emang ini ada dalam ajaran di muslim, contohnya: kalau ada bayi lahir(non muslim)oeekk..oeekk,yang katanya bayi lahir belum mengenal dosa,sudah dianggap kafir … bagaimana mungkin bisa menghilangkan kebencian??bagaimana mungkin bisa menciptakan kedamaian??suatu saat nurdin mungkin bisa tertangkap, tapi akan muncul nurdin2 yang lain..

    • booman mengatakan:

      mskdnya bukan orang Non muslim yg menjadi musuh mereka Bu/om..
      tapi orag yahudi.. apa kamu yahudi juga..
      itupun kami di ajarkan untuk tetap saling bersaudara dan memaafkan tidak ada kata musuh..
      ini bukan jaman perang bung…
      jadi anda klo mau coba bertanya,coba anda tanya pada ajaran yg anda yakini. pasti kita semua sama tidak ada kata kebencian.
      tapi hanya sebagian orang yg masih berfikir mereka hidup di zaman masehi.
      kapan2 kalo mau sering boleh tuh…

  45. dokar mengatakan:

    Mas Nordin (kalo mang bener..) !!!
    Ente KALO dendam ma Amerika, tapi nge – bom NYA di Indonesia!!
    BOM sendiri, Amerika di negara ente DOOONK!!!
    Dasar……MALAYSIA PENGECUT!!!!!!!!!!!!!
    MALAYSIA PECUNDANG !!!!!!!!!!!! GAK PUNYA OTAK!!!!!!!!
    Ane tau ..kalo ente tuh ANTEK Malaysia……..!!!!

  46. anti teroris mengatakan:

    eh,kau!!!
    pejuang islam apaan kau?
    sembunyi melulu,
    nabi n rosul aja ga cemen kayak kau gini,
    insaf kau,andai keluarga kau yg di bom gmana?

  47. mochamad arif mengatakan:

    apapun alasannya tetap neraka tempat yang mengebom dan antek2nya.

  48. sudarsono mengatakan:

    sungguh blog yang cukup pintar dibuat saat kita lagi kebingungan. mana yang benar pembuat blog atau pengamat yang mengira-ngira kebenarannya. saya mengharap pemerintah dapat memberi kejelasan tentang kebenaran blog ini yang nantinya dapat melacak siapa sebenarnya pembuatnya

  49. romy moohulalo mengatakan:

    terkutuklah kau nurdin m top…..

  50. wahyu mengatakan:

    barang kali nurdin n pengikut nya nyari sensasi biar terkenal,udah berkali2 ikut audisi tapi nggk lolos makanya jadi teroris,terkenal dalam waktu singkat

  51. orang bijak mengatakan:

    Kawan-kawan semua… Bom hanya melukai beberapa orang saja…. esok pun mereka akan tertawa bahagia…
    Nurdin bisa saja pelakunya bisa juga tidak … tapi bagi ku … setiap orang bisa melakukannya.. entah karena dia sakit hati…atau termotivasi oleh jihad… tapi yang pasti…teroris yang lebih besar adalah mereka yang membunuah rakyat secara keseluruhan dengan peralah-lahan…membodohi…menipu rakyat…memperkaya diri bahkan mengusir rakyat dari tanah kehidupannya…
    “teroris” yang kita hujat “Nurdin M Top” yang kalian benci dan dicari..perbuatanya hanyalah bagian kecil saja…. mereka yang menangis tapi bukan karena lapar…bukan karena susah mencari sesuap nasi…tapi mereka kehilangan…tapi yang dipelosok sana …mereka juga menangis karena ketida adilan ketidak bijaksananya seorang pemimpin terhadap rakyatnya…
    jadi bagi ku ini bom adalh musibah kecil saja…MUSIBAH YANG TERBESAR ADALAH PEMERINTAH YANG MENUTUP MATA DAN HATINYA TERHADAP RAKYAT YANG MENDERITA DISETIAP PELOSOK BUMI NUSANTARA INDONESIA…

  52. Jamilah Bukkar al Makki mengatakan:

    Gw juga muslimah sejati, Insya Allah, bapak gw juga Habib Insya Allah keturunan Nabi SAW. Ajaran si Nurdin ini ajaran yang mencoreng NAMA AGUNG Nabi Muhammad SAW Yang tidak mau menyakiti musuhnya, bahkan membunuh semutpun Beliau tidak pernah?.
    si Nurdin ini seorang pengangguran yang diutus musuh Islam untuk menghancurkan citra Islam.
    Masa ada yang berjuang demi Islam tapi mengahncurkan bangsa berpenduduk Islam terbesar di dunia? dan kita tidak mencurigai umat lain, krn semua ajaran agama tidak ada yang mengajarkan membunuh orang yg tidak berdosa. Sungguh jijik mengatasnamakan agama Islam, pdhl dia menghancurkannya. Justru dialah yang akan dilaknat oleh Allah, karena dia didoakan dengan segala keburukan oleh setidaknya 200Juta umat Islam di Indonesia. Bukankah doa 40 orang yg shaleh dikabulkan Allah? apalagi puluhan/ratusan juta.

    • awan mengatakan:

      hei anak habib, anda tahu bahwa Rasulullah selama 13 tahun di madinah telah berperang sebanyak 74 kali, apa dalam perang rasul membunuh onta ama nebang pohon korma?? jahil ente… sekarang lo liat saudara2 kita di palestina, cechnya, afganistan, irak!!!!! anak2 ga berdosa juga dibunuh, ape lo bilang kita kagak boleh membunuh mereka??? otak yang kagak waras kalo kita ga boleh membalas dengan balasan yang setimpal… jangan maulidan mulu, jangan baca ratib mulu. pelajari agama yang bener…

      • syailana mengatakan:

        Wan, ente jgn t’lalu emosi., pndpt blh beda tp ukhuwah hrs d jaga, pikirkan dgn kpala dingin… Jgn t’provokasi dg pola yahudi & antek2nya, orang2 yg b’tindak radikal itulah yg d hrpkan yahudi, dg begitu yahudi laknatullah dpt dgn mudah memojokan umat Islam.. Pola jihad d Indonesia yg plg mndsar adlh berantas kebodohan, kemiskinan & m’ningktkan kualitas umat melalui pendidikan & pelatihan, dgn begitu insya 4JJI umat Islam tak lgi jd kmbg hitam… Gara2 ulah Mr.Top bnyk ulama & umat yg istiqomah & yg gak slh d ciduk densus 88… Efek dr ulah mr.top tak b’pengaruh buat kaum kafir, tpi side efeknya bnyk merugikan umat…

      • joko dolog mengatakan:

        mas awan…sampeyan itu kayak pembela atau penganutnya noordin sih…??
        tulisannmu tak baca kok,kayak belain norrdin.

      • awan mengatakan:

        mas joko saya bukannya membela nurdin. saya juga tidak setuju dengan aksi pemboman itu. tapui apa yang dikatakan jamilah benar2 diluar apa yang Rasulullah ajarkan, oleh karena itu saya komen seperti itu. saat ini ulama dan kaum muslimin banyak yang telah menyimpang dalam memahami jihad secara utuh dari pebgertian agama. Rasulullah memaknai jihad sebagai perang, tidak ada makana lain. kalo sekarang banyak ustadz bilang bahwa jihad itu melawan hawa nafsu, kemiskinan, kebodohan, itu dilihat dari makna bahasa yang mengartikan jihad sebagai bersunguh-sungguh

  53. orang bijak mengatakan:

    ALLAH AKAN MEMBALAS SETIAP TINGKAH POLAH MANUSIA DI BUMI INI….
    JAHAT AKAN DIBAYAR JAHAT
    BAIK AKAN DIBAYAR BAIK

    SILAHKAN ANDA BEBAS MELAKUKANNYA….

    “””MU ??????

  54. pisau_dapur mengatakan:

    woi nurdin dari nama lo aj kelihatan lo thu orang begok…
    pake nama islam lagi…
    orang kaya lo thu ga pantas..
    membawa nama islam..
    allah aj bilang ga boleh membenci seseorang(ciptaan nya) ithu sama saja lo membenci allah
    ingat nurdin klu lo ga suka thu ma bule langsung aj ke amerika..
    perlu GW temanin ga mana tau lo takut

  55. refa mengatakan:

    Aneh gak kalo ada pernyataan seperti itu dalam sebuah blog yang IP Address-nya beralamat di Amerika?
    Kerjaan siapa ya kira2?

  56. dodo mengatakan:

    malaysia yang diuntungkan bila Indonesia kacau ini pasti perbuatan Malaysia,

  57. kaput mengatakan:

    ENGKAU TELAH MENGHUJAT ALLAH WAHAI NURDIN BIN BEGO, ALLAH AKAN MEMPERMALUKAN ENGKAU DALAM WAKTU DEKAT INI DAN SEKALIGUS MENGIRIM ENGKAU KENERAKA JAHANAM.

  58. adi mengatakan:

    jangan pura2 sebagai penegak syariah Islam, saya tahu dibalik anda berdiri kaum zionis yahudi…..

  59. ohm mengatakan:

    kita mengumpat umpat nurdin m top di blog ini, orangnya ntah ada ataupun gak, karena banyak cara dilakukan orang2 tamak seperti amerika untuk bisa menguatkan cakar kuku di indonesia untuk meraup semua kekayaan bangsa kita. sebagai contoh Irak, sampe sekarang belum ada tuh yang namanya rudal pebunuh massal.
    buat temen2 semua, jangan dulu memaki dan mencaci kecuali sudah terbukti, kan kita bisa rugi karena memaki dan mencaci orang bisa berdosa.
    neh saya kasih link satu lagi untuk kita cermati bagaimana usaha amarika mencari ribuan alasan untuk menghancurkan negara2 islam:
    http://www.swaramuslim.net/more.php?id=6282_0_1_0_M
    semoga Islam tidak akan musnah dari Indonesia seperti hal nya negara Spanyol.. Amiin..

    • awan mengatakan:

      saya setuju, seharusnya seperti inilah komentar yang disampaikan… jadi orang2 yang gak paham dan gak ngerti duduk permasalahannya jang sotoy alias sok tahu…

  60. nuraenun mengatakan:

    awas… islam tidak mengajarkan kita saling membunuh, seorang pezinah harus dicambuk 100 kali atau dikurung sampai ia menemui ajalnya,tapi harus ada saksi 4 orang. bukan membunuh orang tanpa alasan,gak ada hujan&gak ada angin seenak dewe membunuh orang, dasar TERORIS gak berprikemanusiaaaaaan….!!!! yaa ALLAH tunjukkanlah para TERORIS jalan yang sebenarnya? jangan biarkan kami hambamu bercerai berai, KEMBALILAH KEJALAN ALLAH YANG SEBENARNYA HAI TERORIS??? syukron kasyiron…

  61. ohm mengatakan:

    oh ya.. ini ada link satu lagi yang sama2 bisa kita cermati agar wawasan kita tidak hanya sebatas mencaci dan memaki…
    http://swaramuslim.net/more.php?id=6306_0_1_0_M
    semoga bermanfaat

  62. Zuleta Tito mengatakan:

    Bang Nurdin M. Top mbok ya jangan bawa2 agama kalau mau ngrusak negara lain. Amerikalah yang jadi alasan anda, janganlah mencuci otak orang dengan KEBENCIAN tetapi ajarkanlah dengan MENGHORMATI sesamanya. Allah SAW menciptakan manusia di planet bumi yang tercinta ini memang bermacam2 kulit, sifat dsbnya. Beliau bermaksud kita belajar hidup saling cinta mencintai di planet bumi kita yg tercinta ini. Bang Nurdin kalau mau hidup sendiri dengan satu agama, satu tujuan silahkan cari planet lain yang bisa dihuni sendiri aja ya bang. Semoga.

  63. dody edward mengatakan:

    tuk pembuat berita ini :
    1.Jika membaca terjemahan AL’Qur’an dalam memahaminya jangan ter-potong2 dari srt al-anfal ayat 17 yang anda kumandangkan, coba anda lihat dari ayat 15 s/d 19, jika kita memahaminya dengan tenang dan tidak sombong maka akan terlihat distu ALLAH memerintahkan memerangi orang kafir jika mereka menyerang kita kaum muslimin tapi yang diserang adalah kamu kafirnya bukan semua orang yang ada disekitar orang kafir tsb.

    2. Untuk ayat dari surat At-Taubah ayat 14 yang anda kumandangkan, tolong baca perlahan-lahan dari ayat 1 s/d 15 dan jika kita lihat ayat 12 nya jelas disitu ALLAH SWT memerintahkan kepada kaum muslimin memerangi para pemimpin orang kafir, saya ulangi para pemimpin orang kafir yang wajib diperangi, dan setelah itu jika kita simak ayat 1 s/d 15 jelaslah jika ada yang minta perlindungan wajib kita melindungi nya dan menerangkan apa itu sesungguhnya AL’Qur’an keapada mereka.

    Dan jika kita coba pahami ayat 62 surat AL-Baqarah yg berbunyi :
    Sesungguhnya orang orang mu’min, orang-orang Yahudi, orang-orang Nasrani dan orang orang Shabiin, siapa saja diantara mereka yang benar benarberiman kepada ALLAH, hari kemudian dan beramal saleh, mereka akan menerima pahala dari Tuhan mereka, dan tidak ada kekhawatiran terhadap mereka, dan tidak (pula) mereka bersedih hati.

    Apakah dari ayat tsb kita sudah tahu siapa yang Yahudi / Nasrani????

    dan yang paling pokok adalah surat AL-Baqarah ayat 6 dan 7 sbb :
    ayat 6 : sesungguhnya orang orang kafir, sama saja bagi mereka, kamu beri peringatan atau tidak kamu beri peringatan, mereka tidak akan beriman.

    ayat 7 : ALLAH SWT telah mengunci mati hati dan pendengaran mereka, dan penglihatan mereka ditutup. Dan bagi mereka siksa yang amat berat.

    Jadi jika kita belum tahu siapa sich yang disebut kafir???? yang jelas menurut saya dari sebagian kecil ayat2 AL-Qur’an tsb diatas ialah :
    1. Orang Kafir adalah orang yang melanggar AL-Qur’an secara terang-terangan.
    2. Orang Kafir jika diberikan penjelasan AL-Qur’an mereka tidak mau mendengar apalagi menjalankannya.

    Jadi jelas orang kafir bukan saja orang America atau lain2nya asal negara barat tetapi bisa juga orang yang berada dilingkungan kita ataupun diri kita sendiri.

    Dan jelas dari ayat2 tsb diatas yang patut diuber atau di perangi adalah para pemimpin orang2 kafir.

    Dan jika mau membunuh orang kafir, harus selidiki dulu apakah betul dia kafir?????? jika ya, apakah jika dihabiskan akan mengorbankan orang lain yang tidak berdosa?????? Jawaban nya difikirkan sendiri..
    apakah pantas kita membunuh seseorang sementara diri kita sendiri belum benar???????

    Hanya ALLAH SWT yang berhak membunuh/menghabiskan manusia dan lingkungannya baik yang berdosa atau yang tidak berdosa, bukan manusia.

    Jika anda merasa benar, maka ada yang Maha Benar yaitu ALLAH, jika anda merasa besar maka ada yang Maha Besar yaitu ALLAH, jika anda merasa suci maka ada yang Maha Suci yaitu ALLAH SWT.

    Jadi manusia tidak berhak menyatakan dirinya benar, besar dan suci karena hanya ALLAH SWT yang punya hak itu, jadi………manusia akan selalu salah,kecil dan kotor karena hanya ALLAH SWT yang Benar, Besar dan Suci.

    Jadi saya himbau untuk semua kaum muslimin janganlah memahami Al-Quran itu sepotong-sepotong.

    Bacalah terjemahan AL-Qur’an berurutan dan tidak terputus putus dan yang paling penting adalah NOL kan diri kita lebih dahulu sebelum membaca ayat-aya AL-Qur’an, biar ALLAH SWT yang akan menuntun kita untuk memahaminya, setelah itu praktekan dalam kehidupan kita sehari-hari dan setelah yakin benar baru kita boleh membedakan siap yang kafir dan siapa yang beriman dan siap yang bertaqwa.

    Salam hormat saya kepada sdr Nurdin M top jika anda mau menyadari kekhilafan anda dalam memahami ayat-ayat AL-Qur’an, coba anda shallat hajat 2 raka’at dan mintalah kepada ALLAH apakah anda sudah benar??????

    Lebih jelas lagi, jika kaum muslimin diperangi oleh kaum kafir secara ekonomi, maka kaum muslimin harus memerangi nya dengan ekonomi. Nabi Muhammad SAW di caci maki, di hina oleh orang kafir tapi beliau tidak mendendam tetapi beliau berdoa kepada ALLAH SWT agar orang kafir tsb diberi hidayah dan diampuni karena ketidak tahuan mereka tsb.

    Nabi Muhammad SAW hijrah dari Mekkah ke Madinah karena beliau belum kuat untuk melawan orang kafir Mekkah, dan di Madinah beliau bersama orang Muslim mengadakan perjanjian dengan orang Yahudi, Nasrani untuk tidak saling merugikan dan tidak saling mengganggu dan AlhamduLILLAH dikabulkan ALLAH SWT dan akhirnya setelah kaum muslimin bersatu dan kuat di Madinah, Beliau kembali ke kota Makkah untuk menyadarkan orang kafir Makkah dan beliau berhasil karena prilaku, budi bahsanya lemah lembut dan halus, tidak kasar.

    Jadi ikuti cara hidup Nabi Muhammad SAW secara benar tidak mengada-ada mengikuti kata guru yang belum tentu benar sesuai AL-Qur’an itula lah yang paling menyesatkan kita dari AL-Qur’an yang sesungguhnya.

    Wass wwb,
    saya Hamba ALLAH, yang juga sedang belajar memahami ayat-ayat AL-Qur’an yang sedang mencoba diamalkan di kehidupan sehari-hari dan dengan alam sekitarnya sejak tahun 1985 yang sampai sekarang ini belum berani mengaku benar, besar dan suci.

  64. John Achmad mengatakan:

    Membaca isi pernyataan ini, muslim yg awam pun tau..ini dibuat oleh orang yg BUKAN Islam..alias KAFIR..!!!

  65. Icengfull mengatakan:

    Maaf yah,kita hidup di dunia bersama,salah kalau ada yang bilang ini kafir ini ga kafir..
    Apa kalian mau cuma gara-gara ibu kalian jadi beragama lain lalu jadi kafir sehingga kita harus membunuhnya,lalu teroris yang membunuh banyak orang tidak bersalah malah bebas gitu aja(ABB)

  66. dhe_2 mengatakan:

    menurut aku, yang namanya oordin m top itu harus segera dibumihanguskan dari dunia ini,karena selama dia masih asa maka dunia ini tidak akan tentram,atas nama seluruh umat muslim terkutuklah kau noordin m top, ALLAH HUAKBAR,,,,,,,,,,!!!!!!!!!!!!!!!

  67. nanda mengatakan:

    Ada aksi maka muncul reaksi. Siapa yang memulai dan siapa yang harus tanggungjawab. Harus jelas.
    Jangan emosi dulu. Pikirkan dengan jernih.
    Keyakinan yang telah membatu mustahil bisa ditumpas melalui kekerasan … dia akan semakin mengeras.
    Mari kita tanggulangi masalahnya dengan cara yang lebih bijaksana …. apa sih penyebabnya dan apa sebenarnya keinginan mereka.
    Api hanya, hanya dapat dipadamkan dengan tumpahan air. Hanya hembusan angin yang lembutlah yang bisa memadamkan api.
    Hembusan angin yang terlalu kuat akan membesarkan kobaran api bukan memadamkannya.
    Kekerasan mungkin bisa menanggulangi masalah tapi hanya untuk sementara saja. Karena kekerasan tidak akan bisa menanggulangi masalah yang sebenarnya.
    Salam damai…dariku buat semua umat.

  68. AYIH mengatakan:

    si noordin m top emang bukan manusia,kalo emang dia manusia pasti dia ga bakal bunuh manusia……………!!!!!!!!!!!!!
    pokoknya noordin m top harus ditemukan secepatnya dan dihukum yang seberat – beratnya, semoga ALLAH mengabulkan do’a ku ini,amin,,,,,,!!!!!!

  69. hamba allah mengatakan:

    Ass.Wr.Wb.Saya siap berjihad untuk membunuh dan mengebom teroris nurdin n top supaya dapat gelar Alm.Nurdin n top, dan antek2 iblisnya.jgn jadi pengecut, keluar kau nurdin iblis!!!!!!!!!!

  70. Im_mucha mengatakan:

    Pak Pengebom Bunuh Diri, Smpyn mengkti hati ap nafsu, at mungkn termask orang yg berputus asa karna ursan dunia, (drpda bnh dri tertabrak kreta at lmpt dri gdung, mnding bnh dri ats nama agma bar kren)= BUNUH DIRI… perbanyak mernung n koreksi diri mgkn lbh berguna, smua orng do’anya mnta umur panjng gar ksmpatn bljr ilmu lbh bnyk

  71. Muhaji mengatakan:

    udah kenapa mainannya…. kasihan kan…..
    Sok Jago kamu ya wahai pengebom….
    Kalau berani bom negara Amerika…
    Jangan di Indonesia
    Dasar Pengecut……

  72. Don Moncrot mengatakan:

    Din noordin.. Kamu bagus banget melakukan jihat. Tp jidatmu itu yg di pasangi bom! Bukan malah nyuruh orang. Kamu warga malaysia, kok brani2nya main bom di indonesia? Setan lu!! Tuh, bom aja negrimu sendiri yg sering menzolimi orang muslim, khususnya orang2 yg kerja sebagai PRT.

  73. Hamba Allah mengatakan:

    saya agak ragu ma ne blog, asli nurdin ngk? Nurdin m top itu benar-benar ada ngk? biasa nya yang melakukan suatu tindakan adalah orang yang paling di untung kan akan tindakan tersebut,nah keuntungannya tindakan ini telah membuat opini indonesia di mata dunia sebagai sarang teroris, menghancurkan ekonomi kita,menyulut perang /permusuhan sesama muslim,dan menciptakan feel factor (rasa takut/islamophobia) ter hadap islam. naaaah hayooo siapa yang kira kira paling di untung kan!

  74. bandardownload.wordpress.com mengatakan:

    jangan kasih komen diblognya bushro, lagi dipantau yg kasih komentar juga. Nambahin kerjaan😀. Bego bangsa indonesia, Export TKI ke malaysia, Import teroris ke Indonesia. kenpa ngga jihad dimalaysia aja? Disana pergaulannya lebih bebas ( free sex ), bule juga banyak disana. Kapitalis. Malu saya kepada mereka yang mengaku islam, tetapi tersesat.

  75. Husen ismail mengatakan:

    TEROR diindonesia adalah efek dari perang IDEOLOGI antara al-qaeda dg AS,mirip dg perang dingin dulu.Untuk mengatasinya contoh pak soekarno dg Gerakan non bloknya ,sehingga di indonesia pd saat itu tdk terjadi perang saudara padahal berpotensi seperti vietnam(perang saudara dg penetrasi soviet dan AS).atas dasar politik bebas aktif seharusnya pak SBY mencontoh soekarno,undang osama dan obama utk duduk berunding (sepakat utk saling menghargai /tdk memaksakan ideologinya sebab demokrasi tdk cocok dg islam).

  76. oklek33 mengatakan:

    Saya kmarin msk blog itu kemudian timbul sebersit pertanyaan saya sbg netter dan bloger. So knapa ? Siapapun bisa membuat blog atas nama siap dan teks di isi apa . Lalu dalam hati saya benarkah pihak m.top ato pihak lain ? Itu saja mari kita berpikir sejenak .

  77. Hendra mengatakan:

    Walah ada ada aja orang jaman skr, mau jihad bunuh temen ngapain ngak sekalian bommaknya sendiri, ato istrinya aja yang di bom khan enak tuh rasanya. lagian klu mau jihad salah tempatnya di Indonesia, ada – ada aja tuh teroris. klu kurang kerjaan datang aja kerumah gua lagi banyak nie cucian dari pada lo – lo semua mati bunuh diri lebih baik nyuci pakaian gua khan ada pahalanya. iya ngak Broooooo.
    thanks

  78. mahmud rembang mengatakan:

    MASAK SIH ….. NURDIN M.TOP GAK BISA DITANGKAP???????
    HA…HAAA…………. ( kata mbah surip)
    SATU ORANG DI UBER POLISI SE INDONESIA …….
    HA…..HA…………. ( kata mbah surip )
    KOK GAK BISA DI TANGKAP YA …..
    HA…..HA…………. ( kata mbah surip )
    ADA APA YA ……..?????????
    HA……HA…………. ( kata mbah surip )
    MUNGKIN BANYAK MASYARAKAT YANG PRO DIA KALI ????
    HA…..HA………….. (kata mbah surip )
    ATAU POLISIKU YANG KURANG HEBAT ?????????
    HA….HA…………….. (kata mbah surip )

    • dimas mengatakan:

      BUKAN GAK BISA? KITA PUNYA PARANORMAL YG BISA LIHAT DARI KACA,ATAU DARI APA? COBA KUMPULKAN INSYA ALLAH M TOP KETANGKAP,
      1.KITA WASPADA DENGAN MALAYSIA SEKUTU AMERIKA
      2.MEREKA TIDAK PERNAH DI BOM OLEH OKNUMNYA SENDIRI
      3.AKHIR-AKIR INI MALAYSIA SERING MELECEHKAN INDONESIA
      4.APA ADA OTAK NYA SEHINGGA MALAYSIA BERANI MELECEHKAN INDONESIA.
      5.SOAL JW MARIOT WALAU DIBAKAR,DI BOM MEREKA SUDAH SATU PAKET DAPAT ASURANSI DARI PIHAK YG BIKIN ONAR,KENAPA TIDAK HOTEL LAIN ,KAN JUGA BANYAK TURISNYA.DI JOGYA,SURABAYA,?????? KITA HARUS JELI.

  79. Herdoni Wahyono mengatakan:

    Bagaimana pandangan agama Islam menanggapi peristiwa tersebut ?
    Mari kita kaji bersama peristiwa ledakan di Hotel JW Marriott dan Ritz Carlton Jakarta yang memakan korban jiwa manusia menurut pandangan agama Islam.

    1. Dalam Kitab Al Mufradat Al Fadhil Qur’an halaman 387 : “yang dinamakan fahsya adalah sesuatu yang besar kejinya baikpun perbuatan maupun berupa ucapan”.

    2. Fahsya itu diharamkan oleh Allah Ta’ala.
    Di dalam Al Qur’an surat Al A’raf ayat 33 : Katakanlah: “Tuhanku hanya mengharamkan perbuatan yang keji, baik yang nampak atau pun yang tersembunyi, dan perbuatan dosa, melanggar hak manusia tanpa alasan yang benar, (mengharamkan) mempersekutukan Allah dengan sesuatu yang Allah tidak menurunkan hujah untuk itu dan (mengharamkan) mengada-adakan terhadap Allah apa yang tidak kamu ketahui”.

    3. Perbuatan fahsya itu termasuk membunuh manusia yang tidak bersalah.
    Dalam Al Qur’an surat Al Maidah ayat 32 : …”barang siapa yang membunuh seorang manusia, bukan karena orang itu (membunuh) orang lain, atau bukan karena membuat kerusakan di muka bumi, maka seakan-akan dia telah membunuh manusia seluruhnya. Dan barang siapa yang memelihara kehidupan seorang manusia, maka seolah-olah dia telah memelihara kehidupan manusia semuanya”.

    4. Yang memerintahkan perbuatan fahsya adalah setan atau iblis laknatullah.
    Dalam Al Qur’an surat Al Baqarah ayat 169 : “Sesungguhnya setan itu hanya menyuruh kamu berbuat jahat dan keji,”.
    Surat An Nur ayat 21 : “Hai orang-orang yang beriman, janganlah kamu mengikuti langkah-langkah setan. Barang siapa yang mengikuti langkah-langkah setan, maka sesungguhnya setan itu menyuruh mengerjakan perbuatan yang keji dan yang mungkar”.

    5. Islam melarang memerangi,dan membunuh non-muslim yang tidak memerangi Islam.
    Al Qur’an surat An Nisaa ayat 90 : …”Kalau Allah menghendaki, tentu Dia memberi kekuasaan kepada mereka terhadap kamu, lalu pastilah mereka memerangimu. Tetapi jika mereka membiarkan kamu, dan tidak memerangi kamu serta mengemukakan perdamaian kepadamu maka Allah tidak memberi jalan bagimu (untuk menawan dan membunuh) mereka”.

    6. Islam menghormati hak milik orang lain dan melarang mengganggunya.
    Al Qur’an surat An Nur ayat 27 : “Hai orang-orang yang beriman, janganlah kamu memasuki rumah yang bukan rumahmu sebelum meminta izin dan memberi salam kepada penghuninya. Yang demikian itu lebih baik bagimu, agar kamu (selalu) ingat”.

    7. Islam mengajarkan untuk berlaku adil terhadap non-muslim.
    Al Qur’an surat Al Maidah ayat 8 : “Hai orang-orang yang beriman, hendaklah kamu jadi orang-orang yang selalu menegakkan (kebenaran) karena Allah, menjadi saksi dengan adil. Dan janganlah sekali-kali kebencianmu terhadap sesuatu kaum, mendorong kamu untuk berlaku tidak adil. Berlaku adillah, karena adil itu lebih dekat kepada takwa. Dan bertakwalah kepada Allah, sesungguhnya Allah Maha Mengetahui apa yang kamu kerjakan”.

    8. Pemaksaan, kekerasan dan pertumpahan darah sangat kontradiktif dengan ajaran Islam yang mengedepankan toleransi, kebebasan, rahmat dan hikmah.
    Dalam Al Qur’an surat An Nahl ayat 125 : “Serulah (manusia) kepada jalan Tuhanmu dengan hikmah dan pelajaran yang baik dan bantahlah mereka dengan cara yang baik. Sesungguhnya Tuhanmu Dialah yang lebih mengetahui tentang siapa yang tersesat dari jalan-Nya dan Dialah yang lebih mengetahui orang-orang yang mendapat petunjuk”.
    Surat Al Baqarah ayat 256 : “Tidak ada paksaan untuk (memasuki) agama (Islam); sesungguhnya telah jelas jalan yang benar daripada jalan yang sesat. Karena itu barang siapa yang ingkar kepada Thaghut dan beriman kepada Allah, maka sesungguhnya ia telah berpegang kepada buhul tali yang amat kuat yang tidak akan putus. Dan Allah Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui”.
    Surat Al Ghasyiyah ayat 21-22 : “Maka berilah peringatan, karena sesungguhnya kamu hanyalah orang yang memberi peringatan. Kamu bukanlah orang yang berkuasa atas mereka”.

  80. dimas mengatakan:

    COBA TELITY KENAPA MALAYSIA YG JADI SEKUTU AMERIKA TIDAK PERNAH KENA TEROR BOM,DAN YG SERING AGAMA ISLAM YG DI INDONESIA INI YG JADI BAHAN PERCOBAAN ,KEPENTINGAN PIHAK ASING,ENTAH MALAYSIA SENDIRI YANG MANA MUNGKIN DISETIR OLEH PIHAK YG SEKARANG PUNYA PANGKALAN ARMADA PERANGNYA DI MALAYSIA,? COBA M TOP ORNAG MALAYSIA KENAPA TIDAK MEMBOM DI NEGARANYA,JANGAN-JANGAN PIHAK ASING MEMAKAI OKNUM ORANG MALAYSIA UNTUK ADU DOMBA DENGAN NEGARA KITA,SEMUANYA PIHAK BIN LAH YG BISA MENELUSURINYA.KITA HARUS JELI JANGAN MUDAH TERPANCING DENGAN AGAMA ISLAM SAJA,INI ADA TRIK KELAS WAHID.TRIMAKASIH MOHON MAAF BILA OPINI SAYA INI TIDAK BENAR.

  81. DINO mengatakan:

    Kenapa lo nggak ngebom para Kafirun ( Salibis dan Zionis Yahudi) yang ada di Negara lo sono (Malaysia), bukan di Negara gua (Indonesia)? Atau sekalian ke Amerika , Australia, Inggris dan negara-negara kafir pendukung Setan besar GW Bush ( America). Negara gue bukan medan jihad karena tidak ada perang dan damai sentosa. Semoga Allah SWT memberi lo hidayah untuk mengentikan pembunuhan (dengan alsan jihad) yang buntut-buntutnya membunuh saudara-saudara Muslim di Indonesia. Jadikanlah Rasulullah Muhammad Solallaau’alaihi wasallam (manusia yang paling gue paling cintai bahkan melebihi diri gue sendiri dan tentunya dicintai juga oleh semua muslim di dunia) sebagai teladan dalam berjihad. Open your eyes, your mind and your commonsense. Go home to your home country (Malaysia) and do whatever you want there (in Malaysia) not here in my country!!!!!!.

  82. Hamba Allah mengatakan:

    Sebagai umat muslim yg beriman jgnlah kita langsung mendikte ataupun mengambil kesimpulan dgn menuduh seseorang atau kelompok tertentu tanpa memiliki bukti2 yg jelas krn yg dikhawatirkan munculnya fitnah, satu hal yg saya tambahkan kembali yaitu tentang mental umat yg saya lihat saat ini terlalu mudah terpropokasi akan suatu hal kejadian tanpa melihat sebab musababnya

  83. tato mengatakan:

    Menurut saya kita harus lebih arif dan bijaksana menyikapi masaalah ini. Klu saya udah ragu dengan negeri ini, mulai dari dulu kita di bodoh bodohi terus oleh asing,kontrak LNG dengan China yang merugi, emas kita entah kemana, minyak kita enatah kemana, laut kita di obok obok asing terus, dan banyak lagi. Saya sangat perihatin dengan negeri ini belum lagi oknum aparatnya yang gemar korupsi. Takutnya BIN dan POLRI juga bermain di balik kejadian ini, dengan alasan pendanaan.

    • Brata mengatakan:

      Setuju To.. ini semuakerjaan mereka yang benci ma Islam.. Polisi n Aparat dapat banyak keuntungan dari setiap BOM meledak..

  84. ujung-dunia mengatakan:

    SAYA NGGAK IKUT IKUT..LHO…YA..!!!

  85. cecep heru mengatakan:

    hai bang Nurdin loe jangan bikin masalah di negara gue, di negeri loe aja kali yeh.. negera gue kan negara aman dan damai

  86. ujung-dunia mengatakan:

    WAH POSTING TENTANG NORDIN EMANG LAGI LARIS MANIS KAYAK KACANG GORENG…

  87. heru mengatakan:

    noordin m top orang gendeng alias GILLA bin Syaraf

  88. abu jundi mengatakan:

    MAAF SEBELUMNYA UNTUK PARA KOMENTATOR SMUA..,LEBIH BAIK KITA PELAJARI ISLAM SECARA MENDALAM,BACALAH SIROH NABI MUHAMMAD,BILA ADA SUATU PERMASALAHAN TANYAKAN KPD AHLINYA(DLM HAL INI ULAMA YG BERMANHAJ SALAF),SUPAYA KITA TDK TERJERUMUS DALAM DOSA DAN TIPU DAYA SETAN. WASSALAM.. WAL’IZZATU LILLAH JAMI’AN

  89. heru mengatakan:

    noordin edan bikin ribet di negeri orang

  90. heru mengatakan:

    Hanya satu kata buat NOOR DIN M TOP ‘ SETAN ‘

  91. Rachmad bin al Ayubi mengatakan:

    hidup mujahidin….perangi kaum kafirun…tapi jangan orang indonesia bro yang di bom….kalo orang israel….SETUJUUUUUUUUUUUUUUUUU…SERBUUUUUUUUUUU….ALLOHU AKBARRRRRRRRRRRR….terus berjihad..hingga syahid……dear all…apakah noordin m top orang indonesia ???????????????? knapa orang kita yang harus jadi bom bunuh dirinya nya ????????? dan napa orang kita yang jadi korban ??????????

  92. Kun F mengatakan:

    Hanya Allah yang Maha Mengetahui apa yang ada di dlm hati setiap manusia….Dia maha mengetahui atas segala perbuatan hambaNya….dan hanya Allohlah yang memberikan petunjuk kepada hambaNya yang shalih…

  93. yusuf lova mengatakan:

    mari kita sosialisasikan bersama bahwa sesungguhnya nurdin top cs adalah kaum DAJALIST . Karena jika disebut kaum terorist malah bangga mereka nantinya , krn identik dengan musuhnya amerika!
    Mari kita usir kaum DAJALIST dari Bumi PErtiwi yang kita cintai ini. Merdeka!

  94. Noke isnaeni mengatakan:

    Apa pun itu …….minumnya tetap teh botol Sosro

  95. MAS TRIS mengatakan:

    kalo marah sama orang amerika perang sana sama amerika serikat…. perang sana….. bom aja d negaranya sana…. berani nggak……… kalo marah sama yahudi…. datangi sna ke israel…. perang sana rebut kembali tanah yang mereka rebut… bisa nggak………… jangan malah orang yang gak tau apa2 yang di bunuh….. JIHAD tidak pada tempatnya……..

  96. takbir mengatakan:

    Nurdin M Top manusiakah kamu….?
    kalau kita bertindak berdasarkan hati nurani tak akan ada kekerasan, tak ada dengki, iri hati, dendam , kita senua manusia biasa biarlah Tuhan yang memilih siapa yang lebih baik diantara kita , siapa yang benar , kalaupun kamu yang merasa benar semoga Tuhan mengampunimu , kalau musuh-musuhmu memang salah Semoga Tuhan menyadarkannya .

    kami ingin selalu damai di hati ini hingga akhir hayat ,,,,, amin amain amin

  97. m. atekan sam mengatakan:

    itu omong kosong orang-orang yang iseng aja. dan pingin mengacaukan suasana

  98. m. atekan sam mengatakan:

    ah ngak usah ditangapi serius, siapa saja bisa buat tulisan seperti itu, yang paling penting kita tetap tenang dan siaga. buru terus nurdin dan antek-anteknya.
    yang punya anak harap dikontrol agar tidak tersesat dijalanya nurdin m top

    khusus mas nurdin mohon kembali ke jalan yang benar saja, saya yakin di dalam hatinya masih ada iman yang selalu jadi hakim antara yang betul dan yang salah.

  99. laharsemeru mengatakan:

    Assalamu’alaikum, terlepas dari benar atau tidaknya isi dari blog yang diduga milik nurdin tersebut, hendaknya saudara-saudaraku sesama muslim, tidak keluar dari tataran akhlak yang mulia dalam berkomentar. Tegakkanlah hujjah risalah dg santun & diatas bashirah trhadap orang-orang neo khawarij ini, spt nurdin & para pengikutnya. Wassalam.

  100. nurkholik mengatakan:

    wahai kelompok nurdin ketahuilah, kl anda memang pandai di dalam mendalami syariat islam seharusnya anda mengenal mutasyabihat dari ayat2 Alqur’an sehingga tidak menafsirkan dengan seenaknya, jihad tidak hrs melakukan pengeboman yang justru notabennya membunuh saudara sendiri, tp cobalah anda musalsal bil awaliyah, dimana mereka didlam melakukan perjuangan dlakukan dengan jlan hikmah dan mauidhoh khasanah tidak dengan cara2 yang kotor sprti itu, banyak cara melakukan jihad,tidak hrs dengan membunuh dan membombardir orang2 yg blm tentu mereka adlah targetnya.
    wassalam

  101. Hamba Allah mengatakan:

    HANYA ALLAH SWT YANG MAHA MENGETAHUI PERNYATAAN SIAPA YANG BENAR..BISA JADI SEMUA COMMENT KALIAN SALAH..DAN BISA JADI COMMENT KALIAN SALAH..SEMOGA KALIAN SEMUA BERADA DIJALAN YANG BENAR

  102. Hamba Allah mengatakan:

    HANYA ALLAH SWT YANG MAHA MENGETAHUI PERNYATAAN SIAPA YANG BENAR..BISA JADI SEMUA COMMENT KALIAN SALAH..DAN BISA JADI COMMENT KALIAN BENAR..SEMOGA KALIAN SEMUA BERADA DIJALAN YANG BENAR (Revisi)

  103. sule mengatakan:

    Noordin M Top
    Perjuanganmu bukan syhari’ah islam tetapi membunuh harga diri orang-orang islam.

  104. Annisa mengatakan:

    Waduch……., pemboman di manapun terjadinya tetap saja harus mengorbankan orang-orang tidak bersalah. Terlebih lagi bom yang terjadi di Indonesia, yang jadi korban, adalah umat muslim di seluruh Indonesia, karena masyarakat dunia berpikir hal itu merupakan perbuatan semua orang Islam Indonesia. Benar-benar menyesatkan. Siapa sih yang ingin menyengsarakan muslim Indonesia? Apakah orang Indonesia? Saya ragu!!!

  105. ak47tya mengatakan:

    keren gan. . . . . . .

  106. irawan martin mengatakan:

    Dalam Islam jihad itu memerangi kebodohan,kemiskinan,keterbelakangan prilaku hamba Allah,tetapi dengan adanya Bom bunuh diri itu bukan Jihad tetapi Jahat. Islam tidak akan pernah mentoleransi terhadap Teroris

  107. hans mengatakan:

    Yaaaaaaaaa semuanya benar !

  108. benzzz mengatakan:

    emphh kalo menurut ku sih ..
    aku gak stuju apa yg d lakukan baik ini kaum muslim atau bukan ..
    saya tidak lah mempermasalahkan agama disini ..
    tp coba liad lah kerugian yg di timbulkan akibat kejadian ini ..
    banyak anak yg kehilangan org tuanya .
    apalagi negara kita lagi pergantian pemimpin seperti ini ..
    kenapa seh negara kita masih saja mudah di adu domba soal agama suku dan lain2 ..
    ayolah sadar ..
    kita sudah lama merdeka ..
    jgn mau di acak2 lg oleh org asing yang bukan WNI..
    saya memang tidak bs berbuat apa2 ,,
    tp saya berdoa smoga masalah2 di negara kita cepat selesai..

    amien..

  109. bukan pengecut kayak terrorist mengatakan:

    heal the world make it a better place
    for you and for me and the entire human race….

    peace….🙂

  110. masbond mengatakan:

    assalamualaikum wbt.

    saya memang tidak setuju atas apa saja cara membunuh orang2 yang tidak berdosa di mana2 saja di atas muka bumi Allah SWT ini.

    Tapi dr Azahari, noordin dll yang tersangka terroris ini saya secara peribadi rasa was-was/musykil…….mungkin jadi scape-goat oleh mereka yang sebenarnya melakukan onar selama ini….ingatlah YAHUDI itu musuh ISLAM hingga QIAMAT…..DONK………………

  111. masbond mengatakan:

    SALAM SEKALI LAGI YAH…..

    WAHAI SAUDARA SEAGAMAKU YANG KOMEN DI BLOG INI KHUSUS WARGA INDONESIA……..

    INGATLAH KAMI ORANG MALAYSIA SAMA SEKALI TIDAK SETUJU ATAS APA JUA KEZALIMAN / PEMBUNUHAN YANG BERLAKU DI MANA MANA SAJA ATAS MUKA BUMI ALLAH SWT ATAS DASAR PEMBALASAN DENDAM DLL…

    JANGAN SALAHKAN ORANG MALAYSIA 100%…..
    LIHAT SENDIRI DIRI SENDIRI………SEMPURNAKAH NEGARA KAMU DI SISI ALLAH SWT??????

    TSUNAMI? GEMPA BUMI? BANJIR? PERZINAAN? PERKOSAAN?
    DI MANA MANA SAJA BERLAKU ATAS MUKA BUMI INI SEBAGAI PERINGATAN DARI ALLAH DAN HUKUM ALAM….

    INGATLAH YAHUDI ITU MELATA DI BUMI KITA……..COBA TANYA DIRI KITA SENDIRI………..DAJJAL UDAH LAHIR?
    YAKJUJ /MAKJUJ UDAH UJUD? ……….

    MEREKA ADA DI SEKELILING KITA DONKKKKKKKK!!!!!!!!!!!

    FIKIR2KAN LAH………….

  112. Yudha Sedayulawas mengatakan:

    SEJAK DULU SAYA SUDAH…DAN INSYAALLAH SAMPAI SEKARANG PUN MASIH PUNYA KEYAKINAN BAHWA NEGARA YANG KATANYA SAUDARA SERUMPUN, NEGERI JIRAN MALING diASIA (EH..MALAISIA)ADALAH YG ADA DI BALIK SEMUANYA, YANG TENTUNYA DIBANTU OLEH NEGARA2x TERORIS INTERNASIONAL BESERTA SEKUTU2xNYA (USA, ZIONIS ISRAIL & AUSTRALIA). KITA HARUS SADAR BAHWA SAMPAI KAPANPUN MALAISIA TIDAK AKAN PERNAH MERASA TENANG DAN IKHLAS MELIHAT NEGARA INDONESIA MAJU, TENANG DAN DAMAI. MEREKA AKAN SELALU MELIHAT KEBERADAAN NEGARA INDONESIA INI SBG BATU SANDUNGAN BAGI AMBISI MEREKA. MALAISIA DARI DULU MERASA SOK LEBIH HEBAT DARI KITA SHG MEREKA TIDAK SEGAN2x SELALU MEREMEHKAN & MEMUSUHI NEGARA KITA, REPUBLIK INDONESIA INI. SDH TERLALU SERING NEGARA KITA DILECEHKAN & DIRENDAHKAN MARTABAT & KEHORMATANNYA OLEH NEGARA MALING dIASIA (MALAISIA)INI, KITA SEMUA SDH CUKUP TAU SEPERTI APA SIKAP & TINDAKAN2x MALAISIA TERHADAP BANGSA INI, JADI SAYA TIDAK PERLU MEMBERIKAN CONTOH2x KONKRET LAGI DGN MAKSUD PERNYATAAN SAYA TSB.
    NOORDIN M TOP & DR. AZHARI ADALAH SALAH SATU DI ANTARA PROYEK HASIL REKAYASA NEGARA MALAISIA UNTUK MEMBUAT KEONARAN & KEGHANCURAN DI BUMI INDONESIA, DENGAN CARA MEMPERALAT CECUNGUK2x SEGELINTIR ORANG INDONESIA YG MUNGKIN SAMPAI SEKARANG BELUM SADAR AKAN AKAL LICIK MEREKA, DG MENGATASNAMAKAN JIHAD & PERJUANGAN SUCI ISLAM. SUNGGUH TRAGIS & IRONIS SEKALI KRN SAMPAI SEKARANG SEBAGIAN DARI KITA BELUM SADAR AKAN HAL INI, TERUTAMA DARI KALANGAN SEGELINTIR ISLAM RADIKAL YG SELAMA INI MASIH ADA KEBERADAANNYA LEWAT SEBAGIAN KECIL PONDOK PESANTREN-PONDOK PESANTREN HALUAN KERAS.
    SADARLAH WAHAI SAUDARA2xKU SEBANGSA & SEIMAN, BAHWA SAMPEYAN2x HANYA DIPERALAT OLEH OKNUM2x HASIL BINAAN MALAISIA (DAN NEGARA SEKUTUNYA) YG SENGAJA INGIN MENGHANCURKAN EKSITENSI NEGARA REPUBLIK INDONESIA TERCNTA INI, TENTUNYA LEWAT NOORDIN M TOP DAN TEMAN2xNYA. BUAT MASYARAKAT BANGSA INDONESIA DAN PARA PEMIMPIN2x BESERTA PARA APARATNYA AGAR LEBIH WASPADA & SELALU MENJAGA KEBERSAMAAN. MARI KITA BERSAMA-SAMA DGN KOMPAK MELAWAN ADU TRIK2x & DOMBA MEREKA.

    • awan mengatakan:

      jangan pernah komentar tanpa bukti mas… kalo mo ngomong harus berdasarkan fakta dan dalam islam tidak ada sekat2 negara yang jadi pembeda hanyalh apakah dia muslim atau kafir, muslimin malaysia juga saudara kita. pikiran sampeyan jangan tercuci dengan paham kebangsaan hasil buatan amerika, yahudi sareng konco2ne… ketahuilah mas, Allah mempersaudarakan seluruh muslimin dan mukminin dalam satu panji yaitu islam. lagian anda kan gak tahu alasan nurdin melakukan seperti itu. sudahlah diam lebih baik daripada sotoy..

  113. siska mengatakan:

    “janganlah kebencianmu terhadap suatu kaum mendorng kamu berlaku tidak adil”(Al-Maidah:8).Luruskan niat,janganlah niat suci di tempuh dg cara keji.

  114. KERE_CIREBON mengatakan:

    Tetap Tenang…..”Mereka” sedang menjajagi kekuatan kita, Ngga usah over laping dulu. Belum saatnya !! Serahkan pada yang berkewajiban ….

  115. supri mengatakan:

    pesan.. dr.azhari & ali g.
    …..
    hi.. para sahabatQ..!! yg masih hidup…
    bertobatlah…
    hari ini saya s4kan diri u/ nulis pesan ini.. u mengabarkan kead’an kami disini… tdinya mau lwt sms aj.. tp hpnya ketingglan gk s4 dititipkan sma istri kami pas penguburan!!!
    nurdien tau g? pas elo pada ngebom dihotel tuh…kmi kena juga tuh…ampe liang lahat kuburan kmi tuh pda rontok…kmi pda pingsan tuh..gk bisa gerak…blum lgi ditindih sma balok pukulan malaikat yg berat ampir 1000ton…duh…loe pda bisa ngebayanginkan yg tiap hari kmi disiksa pke balok itu!!! belum lgi roh-rohnya korban bom bali pada datangan minta petanggungjwbn!!! pusing deh……!!! jdi pas heboh-hebohnya blog ini…mpe kami minjam laptopnya malaikat bt online…biar smua umt manusia tau… klau yg kta aggap benar itu ternyata salah dmta Allah SWT…
    awlnya malaikt gk mau ngasih, ktnya bt apa??? nmun pas kmi smpaikan maksud kmi untk ngirim psan yg baik, mengingtkn saudra kmi didunia…!!! akhirnya malaikat mau minjmkan asal pke dit4 ja gk boleh bw pulang….
    !!!!….nurdin bertobtlah… ckupa kmi aj merskan pendert’n ini…!!!!!

  116. JAPRA mengatakan:

    NURDIN M TOP LAKNATULLAH

  117. decooo mengatakan:

    WAH…….KITA HIDUP SEKARANG AJA SUSAH MALAH NGURUSIN YG BEGITUAN….
    YG PENTING KITA HIDUP DAMAI ANTAR SESAMA…ENAK TO……TAK GENDONG PO….HE…..

  118. Syeni mengatakan:

    bahwa apapun alasannya membunuh ata menghilangkan nyawa orang lain itu tidak benar, apalagi anda mengatasnamakan jihad ini bukan jihad, tapi teror…bagaimanasih pandangan anda tentang jihad? apalagi dengan melakukan bom bunuh diri, apakah bunudiri itu jihad yang jelas2 dimurkai oleh Allah SWT. ukuran kekafiran seseorang hanya bisa diukur oleh Allah jadi bagaimana anda bisa mengatakan oranglain kafir sehingga harus membunuh mereka..
    tidak punya hati nurani.. dan benar2 sdh dirasuki setan.

  119. saeriazis mengatakan:

    terlepas benar atau tidak surat tersebut yang pasti, kita udah banyak dirugikan oleh berita yang beredar di media, diantaranya ketika investigasi para teroris, yang dilihat pondok pesantrennya, dan ditonjolkan bahwa pondok pesantren adalah gudang teroris yang harus diwaspadai”naudzubillah”. oleh karena itu bangkitlah umat islam menjadi umat yang benar (kaffah)karena yang komentarpun orang islam menyudutkan umat islam itu sendiri. mari kita bercermin diri apakah kita sudah melakukan yang baik tentunya untuk kebaikan bangsa ini. karena banyak pimpinan mengedepankan kewenangannya untuk kepentingan pribadi/kelompok sedangkan rakyat kebanyakan menunggu kesempatan untuk menjadi pimpinan dengan karakter yang sama. mudah mudahan teror-teror seperti yang dilakukan oleh sekelompok orang tidak muncul di negara indonesia yang tercinta ini. Amin

  120. m.mukti jamil mengatakan:

    hanya orang tolol yang mau menikam saudara sendiri. saya curiga ini hanya pelaku fiktif. dan dimanfaatkan oleh orang2 yang tidak bertanggung jawab untuk mengalihkan suatu isu atau kepentingan sesuatu. hidup didunia hanya sementara coy..! pertanggung jawaban diakhirat bakal susah, bagi calon pengebom sadarlah cepat!!

  121. topan.ecex-ecex mengatakan:

    siapa …? kenapa…..? ada apa dengannya…?
    ko negri ini yang di pilih…!!!
    dasar JAHANAM,BIADAP,BRENGSEK,

  122. KRIZZ mengatakan:

    yang menjadi pertanyaan:
    Apakah nurdin benar2 ada?
    bukti:sdah beberapa tahun ini nurdin menjadi buronan di indonesia.semua polisi mencarinya,bahkan mengadakan sayembara dengan imbalan 1M untuk masyarakat yang dapat menemukan Nurdin.tapi tidak ada yang dapat menemukan.dapat dikatakan seluruh orang dewasa di indonesia memburu Nurdin.tapi tetap hasilnya nihil.

    ada kemungkinan nurdin berasal dari negeri dongeng,dengan katalain nurdin hanya cerita untuk mengelabuhi masyarakat,sehingga pemikiran masyarakat setiap terjadi pengeboman selalu dikait2 dengan Nurdin.

  123. muh. ilham mengatakan:

    saya juga tidak menyukai yahudi, tapi yang anda lakukan adalah biadab, anda adalah pengecut, kalau ingin jihad kemana anda saat afganistan diserang, kenapa hanya indonesia yang anda bom, knp bukan negara islam lain seprti malaysia, irak, iran, arab dll. apakah nyali anda terlalu kecil.
    jika alasan anda karna MU akan datang diindonesia, knp malaysia tidak anda bom. anda pengecut

  124. agus ndog mengatakan:

    sungguh berani bom bunuh diri, bagus tapi jangan mengulang lagi.

  125. sendri permana mengatakan:

    assalamu’alaikum wr.wb
    untuk kaum muslimin, dengan kejadian seperti itu atau sering kali kita simak di tv, ingatlah teman dan sadarlah kawan orang yang terpercaya atau juga yang dapat dipercaya sekarang ini susah ditebak. satu pesan saya TAMBAH2 -LAH ILMU AQIDAH DAN TAUHID KALIAN, suatu saat orang2 banyak yang tersesat, tidak tahu kemana tujuan atau keyakinan. mana yang benar mana yang salah, terkadang keduanya tertukar. SHALAT DAN SHALAT LAH KALIAN JANGAN TINGGALKAN, INGAT WASIAT
    ROSULULLAH SHALAT , SHALAT , SHALAT DIRIKANLAH ! KERJAKAN ! TAKUTLAH AKAN PENGADILAN YANG AKAN DATANG.
    SATU LAGI BACALAH KALIAN SURAT AL-FATIHAH DENGAN TERJEMA’AHANNYA RENUNGKAN
    ASSALAMU’ALAIKUM WR. WB.
    YA ALLAH TUNJUKAN LAH KAMI JALAN YANG BENAR, JALN YANG ENGKAU BERI PETUNJUK BUKAN JALAN ORANG2 YANG ENGKAU SESATKAN,

  126. nabuno mengatakan:

    orang jihad kok beraninya ngumpet, berani tampil kedepan
    itu baru laki-laki yang gentlemen,lagian ngapain operasinya di indonesia,balik aja ke malaysia, buat malu aja sesama muslim……cih…!

  127. Anak Rock & Roll mengatakan:

    Salam anak rock…!!!

    assalamualaikum…!

    ….GO TO HELL TERORIS…!….

    Wassalamualaikum…!

  128. arif mengatakan:

    naudzubillah min dzalik,istigfarlah kita semua!!!!!!!!!!!

  129. sule mengatakan:

    noordin menyerahlah kamu,gue sumpah kalo lu ketemu gue gua bunuh lu… syetan

  130. danderbee mengatakan:

    Ini sih bualan…Saya memang bukan Orang Islam yang sempurna tapi saya masih bisa membedakan mana yang baik dan tidak…Semoga anda mendapat petunjuk dan kembali ke jalan yang lurus dan diridhoi Allah SWT

  131. mr no mengatakan:

    hajar aja mas orang yang lagi maksiat

  132. saya akan berkata” segeralah bertobat,pintu buat kamu masih terbuka untuk orang yang mau,

  133. o iya gue lupa.satu lagi ,teman_teman gue jagn ikut_ikutan ya,ini langkah setan’ Allah itu maha penyayang lagi maha pemaaf,ocey jack?

  134. oleng mengatakan:

    jangan menghakimi orang lain dan menyebut mereka sebagai kafir, sucikah kita yang menyebut diri orang lain kafir, kasian deh kafir teriak kafir

  135. noname mengatakan:

    ya kalau menurut saya sich. ini bukan jihad dalam arti kata sebenarnya. kalaupun iya tidak seharusnya menimbulkan korban, apalagi korbannya sesama kaum muslimin dan muslimat. kalau sudah begini siapa yang mau diperangin amerika/ para salibis atau saudara kita sendiri sesama kaum muslimin dan muslimat.
    pada dasarnya saya juga muslim yang tidak menyukai kalau kita sebagai muslim mengadakan penghormatan kepada para salibis-salibis itu,orang kyai di negara kita sendiri belum tentu kita hormati, tapi yaitu tadi janganlah menimbulkan korban dari kalangan kita sendiri (umat islam)

  136. Qinjhenx mengatakan:

    Teroris…teroris….teroriss…..
    Kebanyakan main Counter Strike nih….
    Tapi ni teroris uteke nang dengkul po nang silit c?
    Luwih2 sik gelem bom bunuh diri…. kayane ra nduwe utek jah…. lha wong diapusi kon mati, entuke neroko koq yo gelem.
    Oalah akal-akalan setan Ndilalah!!! Wong Gebleg!!!!

  137. Brata mengatakan:

    Hahahahahahahaaa…. GUe tahu ini bukan orang muslim yang buat.. ini bagian dari strategi CIA untuk menyudutkan Islam agar Imej sert citra Islam di mata dunia buruk.. Saya yakin se yakin-yakinnya kloo dia seorang muslim tidak akan membunuh sodaranya sendiri karena yang menjadi korban pemboman bukan hanya yahudi tapi banyak umat Islam yang tidak berdosa.. di dalam Islam tidak dibenarkan JIHAD dengan cara menyerang oran-orang yang tidak berdosa.. Wahai umat Islam semua sadarlah semua pemboman adalah rekayasa Amerika untuk menghancurkan Islam.. Maling Teriak Maling… (USA)

    • butang mengatakan:

      Setuju buat Kang/Mas Brata! Ini adalah rekayasa begundal” yang anti Islam/Indonesia untuk bikin carut-marut negeri Indonesia! Apa kita bener” dah yakin juga sosok Nurdin M. Top tuh ada? Yg ada jg cuma kabar” angin doang!!! Gw percaya si Nurdin M. Top ada kalo dah bebner” ketangkep! Jgn bikin statement asal, tanpa dasar! Jgn” salah tangkap lagi dehhhh………… terorisnya mana yg ditangkep siapa, ntar!

  138. furqon dimyati mengatakan:

    apakah Nabi Muhammad s.a.w. mengajarkan umatnya untuk membunuh semua musuh-musuh islam ( yang menentang ajaran ilahi yang datang dari sidrotul muntaha ) dan apakah Allah azza wa jalla ridlo atas perbuatan kita untuk menumpas kaum kafir sampai titik darah penghabisan. tolong jangan membawa alqur’an dan hadis hanya sebagai dalil untuk mengotori kemulian kitab suci atau undang-undang dasar islam

  139. JAPRA mengatakan:

    udah biarkan dia sampai puas nanti kan dikutuk Allah,

  140. woy mengatakan:

    Ya Allah,…apabila tersesat ampunilah dosa para sahabat kami sesama muslim…

  141. boman mengatakan:

    om klo info dalil & maknanya jngn setengah2..
    klo mau memahami juga jngn setengah2..
    klo sudah mengerti coba konsul lagi dengan ahlinya.. jngn ama setan….
    trus .. klo kamu mau perang, or ngebom…
    pergi aja ke tempat musuhmu .. jgn beraninya menggongong dari dalam kandang.. trus kandang yg di obrak abrik, ngga ada gunanya.. yg ada musuh loe ketwa.. ha.. ha…
    coba loe buka celana , liat masih ada ngga kemaluanmu!
    mudah mudahan masih ada, jadi kamu liat kamu masih punya malu ngga…?
    trus coba kamu cubit badanmu ,klo masih sakit jngn buat sakit orang bos…
    Berfikirlah untuk orang banyak, & dampaknya, sebelum kamu berbuat sesuatu.”

  142. tommy mengatakan:

    saya sangat setuju dengan perbuatan nurdin m. top hanya saja kalo dilakukan di daerah konflik perang…kalo pengeboman di mega kuningan sih itu bukan nurdin m. top tapi rekayasa amerika doang, kaya peristiwa di menara kembar WTC (sandiwara belaka)…..bener tuh kata brata maling teriak maling…..

  143. orang mengatakan:

    Kenapa ngebom orang oerang sipil ? sedangkan klo ngerasa jadi tentara islam kan bisa tuch ngancurin markasnya polisi,marinir atau aparat lainnya…ato mungkin ente keder kali ya ? atau emang kerjaannya aparat supaya mendapat legitimasi dari rakyat. BAHWA NEGARA INI MASIH BISA melindungi rakyatnya ? Hanya ALLOH yang tau……

  144. ciptaan ALLAH mengatakan:

    ORANG ISLAM NGEBOM DIKIT PADA RIBUTNYA NGELEBAIHIN BOM NYA,ORANG KAFIR NGEBOMBARDIR UMAT ISLAM, PADA ANTENG ANTENG AJA .HOY…HOY… PADA YANG KONSKWEN DONG AMA KOMENTARNYA …JANGAN CUMAN GEDE GEDEAN OMONG DI INTERNET..MALU TAU..KALO MAU KRITIS ..AMA PERBUATAN TERORIS..KRITIS JUGA AMA YANG MENTERORISIN ISLAM DI BARAT..AYO KITA KRITISIN ISREAL DAN BOLO BOLONYA..BIAR NGGAK GEDE KEPALA MEREKA….”ASHADDUALLAILLAHAILALLAH WAASHADUANA MUHAMMADAROSULLULLAH”

  145. Pak Iwan kumis mengatakan:

    saya tidak banyak berkomentar
    tapi satu pesan LANJUTKAN…………..!

  146. toni mengatakan:

    BOrrO sEkalI Ko,. PErGi Ko BOM kaNToRx obAma kLo BRaNi Ko.,, pecuNDanG naMAx ITu KlO BRaNi D kandaNg,. peRgI kO tANDanG,., KEy,,. NatUNgGu Ko,.,

  147. indra mengatakan:

    Aaah..maunya dibohongi blog beginian, ya…ketawa dah yang bikin, benar atau tidaknya yang jelas sudah terjadi itu kejahatan ngapai pusing kita do’a in bapak polisi berhasil menangkap itu aja, ngapain repot mikirin orang2 pengecut berkedok jihad bawa2 islam kalo berani ngebom no..di Amerika “Ngemeng Aja”

  148. Adetia mengatakan:

    Mati jihad masuk surga ? tapi kalo jihad salah pengertian kayak gini ngebom saudara sendiri !!! kasian juga yang pada udah mati ngebom sana sini, ujung2nya tetap juga neraka al.hasil didunia mati secara sadis trus masuk kuburan di siksa lagi udahannya masuk lagi neraka!!! Kasian dehhhh…lho, emang Nurdin memang top.

  149. Kuliah Gratis mengatakan:

    Masih meributkan ini juga

    basi ah……….

  150. voe_ mengatakan:

    teroris fuck..?

  151. didan mengatakan:

    yang pasti ini org yg bikin blog ini hanya mencari sensasi saja………bukan nordin m top yg sebenarnya…..

  152. enriztito yovandra mengatakan:

    bodo amat….gak ngaruh buat negara ini…

  153. chrez mengatakan:

    Kasihilan sesamamu masnuis seperti dirimu sendiri…..
    BAPA ampuni mereka ….karena mereka tidak tahu apa yang mereka perbuat…………amin

  154. yusuf berkata mengatakan:

    Harieee Giniee msih Perang Kampungan Lhoo…….. klo mau perang itu jgn yg kaya Gthu annn…. G” fair tauu.

    buat nama baik sndri ancur…..

    Dasar Manusia Biadap

  155. apan mengatakan:

    Allahhu Akbar….Allah maha besar! Wahai Saudaraku Umat yang akan kembali kepada Allah dengan Hisab karena amal perbuatan. Kenapa kalian sebodoh itu melakukan hal yang tidak pantas dilakukan di negeri ini, bukankah kalian hanya terpedaya dan terdoktrin oleh bisikan setan. Sehingga hati terbakar oleh dendam yang tak masuk di akal….Introspeksi diri kita masing2…Sudah benarkah kita..? Semoga Allah memberikan petunjuk kepada kita semua umat manusia…mana yang benar dan mana yang salah..! amin.

  156. ardan mengatakan:

    sudah puas lo nurdin………..

  157. anton mengatakan:

    Udahlah bro, ga usa di bahas lg deh mslh teroris, bikin pusing aja dan ujung2nya memecah belah umat manusia. harusnya kita pikirin masa depan kita, anak kita, keluarga kita, dan negara kita. Kita mulai lembaran baru tanpa harus trauma dengan keadaan negara yang menurat gw lg sangat terpuruk ini. Gw ga punya cita2 jadi orang suci, gw cuman pingin jd muslim yang biasa2 aja, hidup rukun dan damai berdampingan dengan sesama manusia, sehingga suasana surga terasa di dunia. Karena inilah yang di inginkan Allah. SEMANGAA…T. I LOVE YOU ALL..!!

  158. Hari Wuryanto mengatakan:

    Jihad berasal dari dasar (fi’il madhi ) JAHADA = mempersungguh, MUJAHID = orang yang mempersungguh.

    Jihad memang diajarkan dalam Islam sebagai bentuk pembelaan dan pengembangan dengan definisi ” li takunu kalimatulloh hiyal ‘ulya = supaya ada kalimat Alloh (Islam) menjadi luhur, mulia.

    Substansi jihad semenjak jaman awalnya para rosul hingga akhir zaman tentunya tidak berubah yaitu meninggikan derajat agama sebagai syariat dan seruan kepada kemuliaan , kedamaian dan kasih sayang bagi seluruh alam.

    Pelaksanaan jihad yang tepat dan pada rel benar akan membuahkan dampak positif/hasil Islam akan dikenal baik, aroma dan citra luhur semakin bersinar , orang semakin simpatik kepada Islam dan akhirnya Islam dapat berkembang.
    Satu hal yang penting bahwa Islam kita ini sudah memasuki zaman khilafiyah (perpecahan) perjalanan taqdir yang tidak dapat dipungkiri. Kalo pada zaman Rosulillahi SAW begitu orang Islam berarti sudah benar, membela Islam berarti ikut membela kebenaran sesuai dengan itiba’ Nabi Muhammad SAW karena Islam masih satu, utuh.
    Berbeda dengan zaman kita ini. Sebagaimana Sabda Rosulillahi SAW dalam riwayat Sunan Abu Dawud bahwa Islam nanti akan pecah jadi 73 golongan, 72 golongan di antaranya di akhirat masuk neraka dan hanya satu yang JIKA DITETAPI DENGA ISTIQOMAH akan membuahkan masuk surga.
    Nah yang mereka bela hingga mati-matian tuh Islam yang mana ? ini perlu kajian mendalam dan seksama.

    Bagaimana aktualisasi jihad pada masa kini, coba deh kunjungi di blog ini http://binanurani.com/?p=604

    Mohon saran kritik, komentar yang membangun. Semoga kita dibimbing ke jalan keselamatan, amin

  159. awan mengatakan:

    saya hanya ingin memberikan saran kepada saudara2ku kaum muslimin, cobalah anda memepelajari islam yang BENAR berdasarkan alqur’an dan assunah dengan pemahaman rasul, para sahabat, tabi’in dan tabiut tabiin. ingat islam adalah solusi dan keniscayaan hidup didunia dan akhirat. bertauhid bukanlah sekedar meyakini bahwa Allah pencipta kita dan pemberi rezeki bagi kita, tapi kita juga harus yakin bahwa penerapan syariat Allah (islam) di segala bidang adalah kewajiban semua umat muslim. Oleh karena itu saya ingin sekali menganjurkan saudara2ku seiman san seaqidah supaya belajar islam dengan benar dan dari sumber2 yang shahih berdasarkan apa yang pernah diajarkan Rasul, para sahabat, tabiin, tabiut tabiin dan ulama2 yang mengikuti pemahaman mereka.

    • Hari Wuryanto mengatakan:

      Tepat sekali Saudara Awan !,
      Sebagaimana ucapan doa yang diucapkan ketika saudara muslim melakukan sholat. Dalam tiap rokaat ada bacaan ” Ihdinas-shirotol mustaqim ” = Ya Alloh tunjukkan kami ke jalan yang benar (jalan hidup menuju keselamatan , kebahagiaan hakiki dunia-akhirat.
      Namun bagaimana langkah konkrit menuju kesana ?
      Tidak ada lain kecuali kita musti belajar memahami kandungan Al-Quran dan Sunnah dengan metode dan system yang juga menggunakan cara sebagaimana yang Rosulillahi SAW ajarkan dan dipraktekkan bersama para sohabat. Agar kita dapat memetik kembali ilmu dan pengertian agama Islam yang masih asli murni.

      Ambil barokahnya bulan romadhon , ikuti pesantren kilat di http://madrasahonline.com

      Di sanalah tempat kita bertemu dalam majelis Ta’lim membuka dan mambuka langsung mushaf Al-Quran dan Al-Hadits sebagai pedoman Agama Islam yang tidak diragukan lagi.

  160. muslim mengatakan:

    pada rpinsipnya sesama muslim janganlah saling menghujat…bagi yg lebih berilmu hendaknya mengajarkan ilmunya bagi yang kuat ekonominya berbagilah dengan sesama bagi yang berkuasa gunakan kekuasaanmu untuk kemajuan islam… jangan bercerai berai begini… kita bangsa yang jumlah penduduknya yang ber KTP muslim terbesar didunia…. gerakan modernisasi islam sama-sama… tunjukkan pada dunia bahwa kita muslim adalah umat yang berkualitas… saling membantu sesama muslim dan bermanfaat bagi seluruh manusia… jadikan islam kuat dengan rasa saling mendukung saudara sesama muslim… agar saudara2 kita yang susah ekonominya bisa terbantu agar orang2 muslim yang lemah pendidikannya bisa terdidik dan mampu bersaing dengan umat lain… sekali lagi tumbuhkan kepedulian sesama muslim, hindari saling menghujat…. islam adalah agama pembawa keselamatan dan keberkahan sesama muslim harus saling mendukung… umat islam maju indonesia pasti maju…. insyaALLAH;

  161. muslim mengatakan:

    kawan-kawan semua sesama muslim… jika merenung sejenak kenapa kok bangsa ini begitu sering diguncang teror dan bencana yang tak kunjung berkesudahan…. maka jawabnya adalah karena keislaman kita lebih dominan yang berorientasi kulit saja… banyak yang tercatat sebagai muslim tetapi keislaman kita hanya sebatas KTP… untuk itu mari bersama-sama kita majukan islam di Indonesia dengan semangat kebersamaan, kepedulian sesama muslim…. jangan ada lagi ketidak pedulian kita sebagai muslim saat melihat saudara kita yg juga islam menderita, susah tak punya kerja, tak bisa menyekolahkan anak2 mereka, tak bisa bertani karena tak punya lahan, tak bisa melaut karena bahan bakarnya mahal, tak bisa berdagang karena digusur, tak bisa berusaha karena bank yang sesungguhnya rentenir sangat kejam menghisap darah kaum muslimin… mari kita tumbuhkan rasa peduli sesama muslim… tunjukka rasa pedulimu dengan menbantu sesama muslim dilingkungan terdekat anda….dari hal terkecil…sampe dengan hal terbesar yang anda mampu… yang pintar agama ajarkan ilmu agama anda pada sodara2 kita yang awam, bagi yang kaya berbagilah dengan yang miskin,…bagi yang kuat kekuasaanya buatlah kebijakan yang bisa membantu kaum muslim agar bisa berusaha dengan baik, bagi yang kerja di perbankan buat kebijakan yang sesuai syariah islam… bantu kawan sesama muslim tanpa memberatkan mereka… insya ALLAH kaum kita muslimin akan jadi kaum yang kuat, cerdas dan bermanfaat bagi bangsa indonesia; satu yang perlu digarisbawahai bahwa jika kita bercerai berai sperti sekarang ini maka yang paling bersorak gembira adalah kaum kafir yang memang menginginkan muslim lemah…SADARI HAL INI MULAI SEKARANG…

  162. THEa mengatakan:

    aduh ” ribut amat se pada ngomenen nurdin ..

    kalo kita pada kasi dy n the gank komen truz ,,
    pasti dy malah jade bahagia n merasa sukses .

    diemin aja ,

    tapi tetep waspada n ngebantu kepolisian kalo ngerasa ada iank janggal sama lingkungan kita .

    iank pasti kan kita tau kalo islam nthu ga perna berbuat sesuatu iank menjahati orang laen .

    lagian manusia kan dicipta kan phuna otak n hati ,,

    kalo mereka kan bukan manusia tapi setan iank cuma puna otak n menjelek”an islam .

  163. joko dolog mengatakan:

    1.Janganlah memuja atau terikat pada doktrin atau ideologi apapun.Semua sistem pemikiran adalah sarana penunjuk,mereka bukanlah kebenaran mutlak.
    2.Jangan memaksa orang lain,termasuk anak-anak dengan cara apapun untuk menyetujui pandangan-pandangan anda,apakah dengan kekuasaan,ancaman,uang,propaganda atau bahkan pendidikan.Bagaimanapun melalui dialog yang menghibur,membantu orang lain untuk melepaskan kefanatikan dan kepicikan.
    3.Jangan manfaatkan komunitas agama untuk tujuan dan keuntungan pribadi atau mengubah komunitas anda menjadi partai politik.Bagaimanapun komunitas agama harus tegas menentang penindasan dan ketidak adilan serta harus berjuang untuk mengubah keadaan tanpa telibat di dalam konflik-konflik pengikut..
    4.semoga Noordin M.Top sadar dan tidak mengacak-acak negara Indonesia yang Damai.

  164. benny mengatakan:

    bagaimana kalo kasus jw.mariot itu hanya untuk mengalihkan wisatawan manca negara yang ingin datang ke Indonesia akhirnya tidak jadi akibat hal tsb, dan mereka lebih baik di malaysia….ada yang berpikiran kesitu?….”Malaysia Trully Asia…” atau Indonesia yang Trully Asia…?…..mungkinkah?

  165. mbelong mengatakan:

    nnnoooorrrrdddiinnn bodoh sekali kamu ya. punya ilmu jihad tapi kok disalah gunakan. kamu (noordin) sangat bbbuuuooodddooohh,tttuuuoolllooll,dan ssuuwwuunnkk

  166. the punk mengatakan:

    jadi anak punk aja enak daripada jadi teroris,yg selama ini jadi buronan.

    by: the exploited punk tulungagung community

  167. malin setan mengatakan:

    PARA ULAMA DIINDONESIA YANG SERING BERKATA JIHAD PERLU DICURIGAI, MEREKA TIDAK TAU APA YG SEBENARNYA JIHAD, KALO BENCI AMERIKA…AYO KEAMERIKA, SAYA SANGGUP BIAYAI BERAPAPUN BIAYANYA, ISLAM ITU AGAMA DAMAI USTAD…!

  168. dony setyo mengatakan:

    bUkan itu yg namanya jihat………nurdin bUkan suruhan Allah tp suruhan iblis jahanam………nurdin bangsat……knp gk jihat di jiran,mlh dinegeri orang…aku orang magelang xl brani magelang yg dibom….dirindam pusatnya tentara jahanam………..

  169. Hari Wuryanto mengatakan:

    Kepahaman agama atau pandangan seseorang tentang Islam akan tergantung bagaimana dan kepada siapa mereka belajar.
    Jihad memang amaran / perintah agama, karena jihad dari kata “jahad” = berjuang/mempersungguh.
    Jihad juga bermacam-macam , ada “jihad fii sabilillah”= berjuang di jalan Alloh (Islam) namun ada juga ” fii sabili toghut” = berjuang di jalannya selain Alloh.
    Toghut = ma yu’badu min dunillah- apa yang disembah/dipuja selain Alloh.

    Lebih bijaksana jika belajar dulu mengaji yang benar , miliki kitabnya lalu cari informasi dimana ada tempat pengajian dengan metode membuka langsung dalil-dalil dalam ayat Al-Quran maupun hadits-hadits sohih , pahami arti kata per kata.

    Cara demikian tentu tidak dapat belajar secara otodikdaktik, mesti memerlukan pendamping (guru/ulama) agara tidak mudah terjadi penyimpangan/miss interprestasi.

    Kepahaman noordin dan para kroninya tuh ngaji dari mana dan siapa ulamanya ya ?

    Yuk mendingan ambil berkahnya bulan Romadhon, dengan mengikuti majelis ta’lim / madrasah online
    di http://madrasahonline.com dengan blog suport http://binanurani.com

    Semoga manfaat dan barokah, amin

  170. shinta mengatakan:

    assalamu’alaikum ..
    saya g bgitu yakin kalau yg posting ini noordin m top.
    tapi kalo benar itu akh noordin, sebaiknya jgan malkukan hal seperti itu ..
    jgn membom seenaknya secara membabi buta,
    dari salah satu korban itu siapa tau ada ikhwan ato sodara” kita yg beriman ..
    dr sebagian pnuturan akhi d atas, saya setuju .. saya juga sgat geram mlihat sodara” kita dperlakukan tidak baik oleh kafir” d luar sana,
    tapi untuk masalah ini, sebaiknya kita berusaha menjadi agama yg garang seperti dulu, tidak dg cara membom negeri sendiri seperti ini ..
    kita tingkatkan sdm ummat islam d segala bidang

    dan kalo mau perang, perang aja sekalian ,,
    kita gempur orang” kafir tersebut
    membom dg cara seperti itu kan, sama aja melawan musuh yg sedang tidak siap. dalam perang juga ada etikanya bukan? ..

    sampai saat ini saya masih blum mgerti knapa akhi dan ummat islam seperti d pakistan sana mlakukan hal itu …

    wassalamu’alaikum wa rahmatullah..
    semoga kita semua berada dlam ‘inayah Allah ta’ala.amin.

  171. syaefudin .J mengatakan:

    noor..din M top dan..anak buahnya.. pengecut yg sok jago….bajingan pade lo semua….pengecut semua…

  172. Bimoseno mengatakan:

    Allah pasti membalas perbuatan orang2 yg menzolimi negri ini. Dan Noordin M Top akan mati sangat mengenaskan…., kita lihat saja nanti..

  173. aolasahidin mengatakan:

    WAH KALO SOAL INI GUE NGGAK IKUT-IKUT DEH CZ W NGGAK TAU SOAL GITUAN SIH!!!! TAPI KADANG APA YANG KITA ANGGAP BENAR BELUM TENTU ITU BENAR DAN APA YANG KITA ANGGAP SALAH TERKADANG ITU BENAR. HIDUP INI MISTERI SIH….
    gue juga belom bisa pastiin nurdin m top bener or salah coz w ndiri belom tau alasen dia sebenarnya untuk lakuin itu,hemmmmmmmmmmmmmmmmmmmmmmmm w netral aja deh

  174. Andi mengatakan:

    Islam agama kesatria, tidak pernah mengajarkan hal-hal licik seperti itu.

    Bayangkan, kalau saja Rasulullah berpikiran sama seperti si Noordin Top ini (“M”nya saya hilangkan, tidak pantas dia pakai nama seperti itu), maka apa yang sudah beliau lakukan pada Abu Jahal? atau pada musuh-musuh islam lainnya di Makkah?

    Kalau Rasulullah berpikiran sama dengan si Top ini, pastilah petinggi-petinggi Kafir Quraisy yang ada di Makkah itu sudah di bunuh diam-diam di malam hari, mungkin saja ketika petinggi kafir itu tidur lelap, rumahnya dibakar dan dia terpanggang hidup-hidup.

    Sekarang saya tanya, pernahkan Rasulullah melakukan tindakan terorisme seperti itu? Si Top ini merasa sudah lebih pintar dari Rasulullah rupanya?

  175. syekh khan mengatakan:

    tuh yang punya pikiran pasti PKI…

  176. syekh khan mengatakan:

    nurdin dan pengikutnya 100% tergolong pengikut syaitan..
    biar pun sembunyi dimana saja walaupun dalam toples pasti keciuman juga kalo sembunyi2 tuh bukan m top tapi ngak top..

  177. Hari Wuryanto mengatakan:

    Jihad itu mempunyai arti yang komplek . di antaranya membela diri dari keadaan tidak nyaman , dari keperihan ekonomi dll.
    Jihad melawan kemiskinan agar Islam menjadi agama yang maju dan berbudaya.

    Dengan memperolah harta yang halal dan melimpah, muslim dapat berbuat banyak kebaikan. Membantu kaum dhu’afa menyelanggarakan pendidikan bagi umat yang tertinggal dll demi peningkatan taraf hidup umat manusia.

    Inilah rancangan bisnis online yang dapat ditekuni untuk mendapatkan income demi pemenuhan kebutuhan hidup

    BISNIS yang insyaAlloh CERAH buat masa depan

  178. enje69 mengatakan:

    Menurut polisi N M top udah mati nihh..
    hayoo sekarang mau koment apa lu teroriss..

  179. abdulhamid mengatakan:

    Ya mudah-mudahan saudara saya diberi oleh Alloh kesadaran dalam menjalankan agama dan imannya sadar keilmuaannya jadi manfaat bukan teroris

  180. jarrot mengatakan:

    awan……………….., silaing mah kawas angin, teu boga pamadegan, sabaraha taun euy umur sia ? Boa kakara bebenjit bau dahdir……

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: