Dimanakah Nurdin M Top ?

Nurdin m topJakarta – Foto wajah Noordin M Top sudah beberapa tahun ini terpampang di situs polri.go.id. Di situs itu, warga Malaysia ini masuk dalam daftar pencarian orang. Dari sejumlah nama yang dipampang dia satu-satunya buronan untuk kasus terorisme.

Pastinya di situs Polri itu, hingga Senin (21/7/200), Noordin masih eksis sebagai buronan paling dicari. Ciri-ciri fisik Noordin juga ditampilkan, antara lain tinggi badan 168 cm, berat badan 67 kg, tanggal lahir 4 April 1964, dan bahasa yang dikuasai, Arab dan Indonesia.

Selama ini, Noordin menurut berbagai sumber, dikenal sebagai perekrut handal. Dia yang mencari dan menggalang anggota-anggota baru untuk melakukan pemboman atau yang biasa disebut di kalangan kelompok itu sebagai ‘calon pengantin’. Disebut demikian karena dipercayai sang pembom akan menikah dan mendapatkan bidadari di surga.

Noordin bersama kawannya Dr Azahari, duo Malaysia meroket ketika rentetan peristiwa pemboman terjadi mulai dai Bom Bali pada 2002 lalu. Yang satu mencari calon pengantin dan satunya lagi merakit bom.

Berbagai upaya penangkapan dan penyergapan terus dilakukan. Mulai dari penyergapan di Bandung pada Oktober 2003, Wonosobo pada April 2005, Wonosobo Oktober 2005, dan di Batu, Malang November 2005. Saat penyergapan di Malang, Dr Azahari berhasil ditembak, tapi Noordin tetap lolos.

Pada Juni 2007, Abu Dujana panglima perang kelompok Noordin ditangkap di Banyumas. Kemudian berbagai penyergapan di Jawa, membuat dia dan kelompoknya disebut-sebut hengkang ke Sumatera. Hingga pada Juli 2008, polisi menangkap kelompok Noordin di Palembang, kemudian pada 25 Juni 2009 polisi menangkap 2 warga Singapura di Lampung, sebelumnya pada bulan yang sama di Cilacap pada 21 Juni ditangkap Saefudin Zukhri di Cilacap.

Terakhir pada 14 Juli 2009, polisi menemukan bom di rumah yang diduga milik mertua Noordin. Dari berbagai rekam jejak penangkapan tersebut, Noordin selalu lolos. Namun sempat tersiar kabar, sebenarnya polisi sudah hampir pasti menangkap Noordin saat dia di Cilacap.

Entah bagaimana, Noordin beserta istri dan mertuanya itu lolos. Disebut-sebut, Noordin lebih dahulu mendengar kabar bahwa kawannya warga Singapura telah ditangkap di Lampung, dia pun kemudian meloloskan diri dari pantauan petugas.

Hingga kemudian aksi bom bunuh diri terjadi pada 17 Juli 2009, di JW Marriott dan The Ritz-Carlton. Anak buah Noordin disebut sebagai pelakunya. Sang perekrut ‘pengantin’ ini pun kini terus diburu. (ndr/asy)

2 Balasan ke Dimanakah Nurdin M Top ?

  1. Anton AS mengatakan:

    Kerja keras aparat taksia-sia. Kami salut untuk mereka para aparat, sebuah kerja yang bagus dan patut diacungi jempol. Semoga tuhan selalu melindungi bangsa dan negara juga pemerintahan kita, amin 3x

  2. Ajid. M mengatakan:

    Mari kita selalu berdo,a….semoga negara kita selalu mendapatkan keberkahan dari yang maha kuasa sehingga dikaruniakanlah negara yang aman, makmur, gemah ripah loh jinawi. Akan tetapi untuk menjadikan negara kita ini sesuai keinginan kita, maka yang paling utama adalah membersihkan negara ini dari segala kemaksiatan dan kemungkaran termasuk membasmi teroris serta para koruptor yang juga salah satu bagian dari yang namanya Teroris.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: