Sampai Mati Saya Akan Cari Tahu Kenapa Lehman Di Bangkrutkan.

Washington – Bank investasi AS Lehman Brothers jadi salah satu perusahaan yang ‘dianaktirikan’ oleh pemerintah AS. Perusahaan itu dibiarkan bangkrut meski memiliki aset besar dan berpengaruh terhadap industri keuangan AS.

CEO Lehman Brothers yang dihina banyak orang karena kebangkrutan Lehman, Richard Fuld tidak habis pikir. Fuld terus bertanya-tanya kenapa pemerintah AS tidak menyelamatkan Lehman Brothers

Fuld dalam diskusi panel dengan Kongres AS, Senin waktu setempat, mengatakan bahwa dia bertanggung jawab atas kebangkrutan Lehman, namun dia heran kenapa pemerintah tidak menyelamatkan Lehman yang sudah berusia 158 tahun itu.

Padahal regulator pasar di AS sudah mengetahui situasi sulit yang dihadapi Lehman berbulan-bulan sebelum Lehman mengajukan kebangkrutannya ke pengadilan.

“Saya ingin memperjelas lagi, saya bertanggung jawab atas keputusan yang saya ambil. Sampai mati pun saya akan mencari tahu, saya tidak tahu kenapa cuma kami yang tidak diselamatkan,” ujar Fuld seperti dikutip Reuters, Selasa (7/10/2008).

Sehari setelah Lehman mengajukan kebangkrutan pada 15 September 2008, pemerintah AS langsung menawarkan langkah menyelamatkan perusahaan asuransi AIG. Pemerintah AS memberikan utang hingga US$ 85 miliar untuk menyelamatkan AIG dari kebangkrutan.

Di kalangan Kongres sendiri, selain menyalahkan Fuld, juga ada yang mempertanyakan kenapa pemerintah langsung menyelamatkan AIG, sementara Lehman dibiarkan bangkrut.(ddn/ir)

Sumber : Detik Finance

Tinggalkan Balasan

